SOLOPOS.COM - Kader PDI Perjuangan dalam kirab budaya untuk mendaftarkan bacalegnya ke KPU Kota Madiun, Kamis (11/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Dua partai politik telah mendaftarkan kadernya untuk menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (11/5/2023). Kedua parpol yang telah mendaftar yakni PDI Perjuangan dan Partai NasDem.

Ketua KPU Kota Madiun, Wisnu Wardhana, mengatakan hingga Kamis ini baru dua partai politik yang telah menyerahkan dokumen pendaftaran caleg untuk Pemilu 2024. Baik PDI Perjuangan dan Partai NasDem mengajukan 30 caleg.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kedua parpol itu menyerahkan sejumlah dokumen ke KPU. Dokumen itu terkait pengajuan nama-nama bakal caleg yang akan ikut dalam pemilihan anggota DPRD Kota Madiun,” kata dia.

Wisnu menyampaikan berdasarkan prosedur yang berlaku, dokumen yang diajukan parpol kemudian dilakukan pengecekan oleh petugas KPU. Setelah dicek, seluruh data tersebut cocok dengan data yang dimasukkan dalam aplikasi sistem informasi pencalonan (silon).

“Terkait nama-nama yang diajukan sudah memenuhi syarat dna lengkap,” kata Wisnu.

Pendaftaran caleg DPRD Kota Madiun, lanjutnya, masih dibuka hingga tanggal 14 Mei 2023. Pada hari terakhir, pendaftaran akan dibuka hingga pukul 23.59 WIB.

Sesuai informasi pada Jumat (12/5/2023), ada sejumlah parpol yang akan mengajukan berkas pengajuan bakal caleg-nya, di antaranya PAN, PKB, dan PKS.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Madiun, Anton Kusumo, mengatakan pendaftaran calon legislatif ini diintruksikan oleh DPP untuk dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Dalam pendaftaran ini, pihaknya mengusung konsep kirab budaya tradisional dan tokoh pahlawan nasional.

Untuk itu, sejumlah caleg dari PDIP datang ke KPU dengan mengenakan kostum pahlawan nasional.

“Kirab budaya tradisonal ini untuk melestarikan budaya. Ini sesuai dengan ajaran dari Bung Karno tentang persatuan dan kesatuan, serta berkepribadian dalam berkebudayaan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya