SOLOPOS.COM - Keindahan Pantai Mutiara di Kabupaten trenggalek. (IG @pantai_mutiara_trenggalek)

Solopos.com, TRENGGALEK — Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki deretan wisata pantai yang memesona. Salah satu pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Mutiara.

Melansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Pantai Mutiara menyimpan keindahan yang berharga dengan menyajikan panorama luasnya laut dengan pegunungan dan bebatuan alami.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantai Mutiara merupakan pantai pasir putih yang sangat Instagrambable dipadukan dengan ayunan buatan yang terbuat dari kayu, pepohonan yang rimbun di sekitarnya menambah suasana pantai menjadi semakin sejuk. Tidak hanya menyajikan keindahan di atas lautnya saja, tetapi juga menyajikan pesona bawah laut yang indah, salah satunya pesona terumbu karang.

Pantai Mutiara bekerja sama dengan POKMAWAS Rembeng Raya untuk melakukan konservasi terumbu karang setiap tahunya.

Keindahan bawah laut tersebut memungkinkan wisatawan untuk berkegiatan bawah air, misalnya seperti snorkeling. Selain itu masih banyak wahan di Pantai Mutiara, mulai dari banana boat, jetsky, kano, paddle, rumah apung hingga perahu wisata. Wisata kuliner seperti seafood juga merupakan hal yang tak boleh ketinggalan. Wisatawan yang ingin menikmati pantai lebih lama, juga terdapat homestay untuk tempat menginap.

pantai mutiara trenggalek
Keindahan Pantai Mutiara di Kabupaten trenggalek. (IG @pantai_mutiara_trenggalek)

Ternyata tidak hanya menyajikan keindahan alam saja lho. Setiap tahun wisatawan yang datang dapat menyaksikan pawai budaya Larung Sembonyo Dusun Karanggongso di setiap bulan Selo. Larung Sembonyo sendiri merupakan upacara adat yang melarungkan sesajen berupa tumpeng dan aneka kelengkapan lainya sebagi bentuk syukur nelayan atas hasil laut.

Akses menuju ke Pantai Mutiara ini cukup mudah untuk dilalui kendaraan bermotor, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat hingga bus pariwisata. Namun pengunjung tetap diharapkan berhati-hati karena jalan yang dilalui menanjak dan berkelok. Melansir dari akun Youtube ANTIK_story, wisatawan yang ingin pergi ke Pantai Mutiara bisa melalui Jalur Lintas Selatan Trenggalek yang sekarang sudah sangan bagus kondisi jalanya.

Jalan menuju ke Pantai Mutiara sejalur dengan ke arah Pantai Karanggongso. Wisatawan akan melalui gerbang masuk Pantai Karanggongso dan melaju sekitar 2 km akan sampai di Pantai Mutiara. Untuk tiket masuk ke Pantai Mutiara sebesar Rp10.000 saja per orang. Selain itu, wisatawan juga perlu menyiapkan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Seperti dilansir di dpmptsp.trenggalekkab.go.id, Pantai Mutiara adalah pantai yang memiliki karakteristik ombak yang tidak terlalu besar. Wisatawan dapat dengan aman dan nyaman bermain air dan melakukan olahraga air seperti paddling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya