SOLOPOS.COM - Sopir bus di Terminal Seloaji, Ponorogo, mengikuti tes urine yang digelar Polres Ponorogo, Selasa (21/6/2016). (Istimewa)

Narkoba Ponorogo, sopir bus di Ponorogo mengikuti tes urine.

Madiunpos.com, PONOROGO — Sedikitnya 20 sopir bus di Terminal Seloaji, Ponorogo, mengikuti tes urine, Selasa (21/6/2016). Tes urine ini untuk memastikan tidak ada sopir bus angkutan Lebaran yang terindikasi mengonsumsi narkoba.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasatres Narkoba Polres Ponorogo, AKP Supardi, mengatakan sebanyak 20 sopir tersebut dipilih secara acak dari berbagai bus. Setelah dilakukan tes urine, hasilnya negatif atau tidak ada yang mengonsumsi narkoba.

Supardi mengatakan tes urine ini menjadi program rutin Polda Jawa Timur untuk mengantisipasi sopir yang menyalahgunakan barang haram itu. “Kegiatan tes urine ini tidak dadakan, kan memang sudah menjadi program,” kata dia.

Dia mengatakan kegiatan tes urine juga agar penumpang merasa aman karena sopir bus yang dinaiki negatif narkoba. Apalagi pada saat arus mudik dan balik Lebaran, biasanya ada peningkatan penumpang yang menggunakan jasa transportasi umum seperti bus.

Lebih lanjut, kegiatan tes urine itu digelar atas kerja sama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Ponorogo serta Satlantas Polres Ponorogo.

Kanit Dikyasa Polres Ponorogo, Ipda Yudi Kristiawan, mengatakan dalam kegiatan tes urine ini juga sempat dilakukan uji kelayakan bus. Tetapi uji kelayakan bus belum dilakukan secara menyeluruh kepada bus yang ada di Terminal Seloaji.

Dia mengatakan ketika ada bus yang ketahuan tidak layak jalan akan langsung diberhentikan dan tidak diizinkan beroperasi. Menurut dia, kelayakan bus menjadi salah satu faktor penting untuk keselamatan bus dan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya