SOLOPOS.COM - Ribuan simpatisan Muhammadiyah duduk di area taman Alun-alun Kota Ponorogo demi menyaksikan jalannya pembukaan Muswil ke-16 Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim), Sabtu (24/12/2022). (Solopos.com-Antara/Media Center Muswil ke-16 Muhammadiyah Jateng)

Solopos.com, PONOROGO — Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-16 Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim) resmi dibuka Sabtu (24/12/2022). Acara pembukaan yang digelar di Alun-alun Kota ini pun dihadiri ribuan orang yang berasal dari simpatisan Muhammadiyah.

Dilansir dari laman berita Antara, lokasi pembukaan muswil dipusatkan di Alun-alun Kota Ponorogo. Sekitar ribuan orang yang berasal dari simpatisan Muhammadiyah maupun warga sekitar sudah mendatangi alun-alun sejak pukul 05.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka segera mengambil tempat dan duduk di dalam kawasan alun-alun untuk mengikuti detik demi detik jalannya muswil yang dihadiri Ketua Umum Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Haedar Nashir.

“Kami dari warga Ponorogo, tepatnya dari Ranting Japan. [Kami] tetap semangat meskipun cuaca begini, yang lainnya saja dari jauh-jauh [tetap] semangat luar biasa,” kata Risa Krisdianti, salah satu penggembira dari Kota Reog.

Risa datang berombongan bersama pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiah Japan. Sambil menunggu pembukaan muswil, mereka duduk di atas alas sembari menikmati jamuan bakso Lazismu Jawa Timur.

Baca juga: Faktor Usia, Dua Petahana Tak Bersedia Maju di Muswil Muhammadiyah Jatim

Sementara itu, penggembira dari Rumah Sakit Umum Muhammadiyah (RSUM) Lamongan, Musiyamah, mengaku sangat senang bisa hadir dalam pembukaan Muswil ke-16 Muhammadiyah Jatim.

“Harapannya bisa masuk ke dalam dan menyaksikan tampilan-tampilan dengan lebih dekat, tapi kita kan penggembira, dari sini saja sudah luar biasa,”

Gelaran pembukaan Muswil ke-16 Muhammadiyah Jatim pun resmi dibuka sekitar pukul 09.30 WIB yang diawali dengan pementasan kesenian tradisional tari reog dan tari kontemporer lain, dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Baca juga: Adem, Ini Pesan Damai Tokoh Muhammadiyah Soal Umat Islam dalam Perayaan Natal

Hadir dalam kegiatan pembukaan muswil itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Elestianto Dardak, Bupati Sugiri Sancoko beserta seluruh jajaran pimpinan dan pengurus persarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah dari tingkat pusat hingga daerah.

Muswil ke-16 Muhammadiyah Jatim ini berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu (25/12/2022) nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya