SOLOPOS.COM - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr. dr. Sukadiono, MM. (ANTARA/Willi Irawan)

Solopos.com, SURABAYA — Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Sukadiono, memastikana Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah akan jatuh pada Jumat (21/4/2023).

“Kami sesuai dengan maklumat, Insya Allah 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 21 April 2023,” kata Suko yang ditemui di kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kamis (13/4/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dia mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk tetap mengikuti Maklumat Pengurus Pusat (PP) Muhammdiyah tersebut. Dengan demikian, warga Muhammdiyah bisa melaksanakan salat Idulfitri pada Jumat.

“Artinya, melaksanakan salat Id [Idulfitri] pada tanggal tersebut. Pertimbangan dari ijtihad yang kami lakukan, yang dilakukan oleh perserikatan Muhammadiyah,” kata pria yang juga Rekotr Universitas Muhammadiyah Surabaya itu.

Dia menyampaikan penentuan 1 Syawal itu menggunakan perhitungan secara hisab hakiki wujudul hilal. Wujudul hilal ini, kata dia, artinya asal hilal sudah wuduh dari nol derajat.

“Itu berarti hilal sudha wujud,” kata dia.

Ia menambahkan, warga Muhammadiyah juga diimbau tetap menjaga dan menghormati perbedaan. Artinya, meskipun jika nantinya terdapat perbedaan hari, tetap menjunjung toleransi.

“Tidak perlu menyalahkan yang mungkin berbeda hari, yang lebih penting tetep menjaga kebersamaan, kita ingin guyub rukun, apalagi ini tahun politik, saya kira kita tidak ingin diadu domba karena perbedaan hari raya saja,” ujar Suko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya