SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak korban kekerasan seksual. (winnipegsun.com)

Solopos.com, MADIUN — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), mendeteksi ada sekitar 18 kasus kekerasan anak dan perempuan yang terjadi di wilayahnya sepanjang tahun 2023, atau Januari hingga Juni ini.

“Januari hingga Juni tahun ini terdapat 18 laporan kasus perempuan dan anak yang didominasi kekerasan fisik, terutama perkelahian antar-remaja,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Perempuan dan Anak (P4A) DPPKBP3A Kabupaten Madiun, Yeni Mayawati, Sabtu (15/7/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Yeni memerinci 18 kasus tersebut terdiri atas tujuh kekerasan fisik, satu kekerasan psikis, tiga kekerasan seksual, dua eksploitasi anak dan perempuan, dua kasus pornografi dengan teknologi informasi (IT), dan tiga kategori lainnya.

Dibandingkan tahun lalu, terjadi penurunan sedikit, di mana kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan selama tahun 2022 di Kabupaten Madiun tercatat sekitar 23 kasus.

“Tahun lalu didominasi kasus pasangan kekasih di bawah umur, tahun ini belum ada laporan sama sekali soal kekasih di bawah umur,” katanya.

Beberapa kasus di tahun 2023, lanjut dia, saat ini masih dalam proses hukum. Ada pula yang sedang dalam pendampingan psikologis seperti anak terlibat kasus seksual, ditelantarkan orang tua, dan istri yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Ia menambahkan masih adanya kasus kekerasan anak, terutama perkelahian antar-remaja, perlu menjadi perhatian khusus dinasnya bersama kepolisian setempat.

“Kekerasan fisik ini jadi atensi tinggi kami. Sosialisasi setop kekerasan ke sekolah-sekolah, utamanya jenjang SMP-SMA terus kami galakkan. Nantinya juga akan merambah ke pesantren-pesantren,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya