SOLOPOS.COM - Ilustrasi minuman beralkohol (JIBI/Solopos/Dok)

Minumal alkohol di sejumlah minimarket di Nusantara kini mulai ditarik dari gerai-gerainya. Alfamart salah satunya.

Madiunpos.com, SURABAYA – Minimarket Alfamart dan Alfa Midi merespon positif Permendag No 6/ 2015 tentang Larangan Penjualan Minuman Beralkohol (minol). Toko waralaba ini pun melakukan penarikan minol di gerainya secara Nasional.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman mengatakan, penarikan minol sudah dilakukan pihaknya secara Nasional sejak Maret.

“Terhitung sejak regulasi itu dikeluarkan pada Januari 2015, perusahaan sudah melakukan stop order ke semua supplier minuman beralkohol,” kata Nur Rachman dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (18/4/2015).

Selain itu, kata Nur Rachman, juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan resmi untuk retur barang ke seluruh pemasok bir sejak Januari 2015.

“Penjualan bir di toko hanya untuk menghabiskan stok. Kalaupun di gudang toko kami masih ditemukan produk bir, itu karena memang menunggu antrean untuk diambil oleh pihak supplier, armada mereka terbatas sehingga masih dalam antrean,” tegas dia.

Ia memastikan produk minol yang sudah dilakukan penarikan, dipastikan sudah tidak dapat dijual ke konsumen, karena secara sistem komputer untuk produk bir telah dinonaktifkan sehingga tidak bisa dilakukan transaksi.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Perdagangan mengeluarkan Permendag Permendag No 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Permendag ini berisi tentang larangan minimarket dan toko eceran menjual minuman beralkohol golongan A dengan kadar di bawah 5 persen, seperti ale, bir, bir hitam, wine rendah alkohol dan berbagai minuman alkohol lokal daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya