SOLOPOS.COM - Salah satu sudut Pantai Tampora Situbondo. (pariwisata.situbondokab.go.id)

Solopos.com, SITUBONDO — Kabupaten Situbondo memiliki banyak pantai menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Tampora.

Pantai Tampora berlokasi di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai Tampora memiliki panorama alam yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Situbondo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dengan tekstur agak kasar karena tercampur dengan kerikil putih dari bebatuan karang.

Selain pesona pasir putih, pengunjung juga akan disajikan pemandangan dengan latar pegunungan, yakni Gunung Ringgit. Pantai Tampora memiliki air laut yang jernih sehingga pengunjung masih bisa melihat berbagai macam biota laut dan bahkan terumbu karang dengan menyewa perahu. Harga yang ditawarkan untuk mengelilingi laut dengan perahu, yakni mulai dari Rp10.000.

Warna lautnya hijau di bibir pantai dan berwarna biru di tengah laut. Pengunjung juga bisa bermain air di sekitar pinggir pantai karena ombaknya yang relatif tenang. Namun, pengunjung juga harus berhati-hati dengan ombak besar di waktu-waktu tertentu.

Dikutip dari laman pariwisata.situbondokab.go.id, di sekeliling Pantai Tampora juga memiliki pemandangan indah karena deretan pepohonan hijau yang cukup rimbun. Hal ini karena Pantai Tampora memang berada di balik perbukitan.

Belum banyak pengunjung yang mengetahui pantai ini sehingga bagi pengunjung yang menyukai suasana tenang dapat berkunjung ke Pantai Tampora. Di sana, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset dengan duduk di pinggir pantai maupun duduk di gazebo yang disediakan.

Mengutip dari berbagai sumber, daya tarik lain yang ada di Pantai Tampora adalah adanya petilasan atau tempat yang pernah disinggahi oleh Syekh Maulana Ishaq, yang mana merupakan ayah dari Sunan Giri dan salah satu Wali Songo.

Adapun sebuah gua yang lokasinya tidak jauh dari area parkir Pantai Tampora dan terletak di pinggir pantai, yaitu Gua Kucing. Gua Kucing merupakan gua yang dianggap keramat oleh warga sekitar dengan ukuran yang kecil dan tidak terlalu dalam.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Tampora cukup memadai meliputi area parkir, musala, warung makan, toilet, gazebo, sewa perahu, dan lain-lain. Selain itu, Pantai Tampora juga memiliki kebersihan yang patut diacungi jempol sehingga pengunjung bisa nyaman tanpa terganggu sampah. Namun, pengunjung juga harus berhati-hati karena di Pantai Tampora juga terdapat beberapa monyet yang terkadang berkeliaran dan suka mencuri makanan.

Untuk menikmati keindahan alam di Pantai Tampora, pengunjung dikenai tarif Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 pada saat akhir pekan. Sedangkan tarif kendaraan, Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya