SOLOPOS.COM - Museum Bung Karno di Blitar. (Antara)

Solopos.com, BLITAR — Soekarno atau Bung Karno merupakan salah satu tokoh penting dan berpengaruh dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno memiliki kisah hidup yang menarik dan layak untuk dijadikan suri tauladan bagi generasi-generasi bangsa Indonesia berikutnya.

Untuk mempelajari lebih dalam dan mengenal lebih dekat kisah hidup Bung Karno, Museum Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Melansir dari berbagai sumber, pembangunan Museum Bung Karno memiliki beberapa aspek yang melatar belakanginya. Aspek tersebut adalah aspek ideologi, historis, dan empiris. Sebelum itu, pembangunan Museum Bung Karno diketuai oleh arsitek asal ITB, Pribadi Widodo dan Baskoro Tedjo. Kemudian diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 3 Juli 2004.

Jika dilihat dari aspek historis, Bung Karno adalah seseorang yang sangat suka dengan perpustakaaan sehingga membaca dan menulis adalah kegemaran sang tokoh proklamator tersebut. Oleh karena itu Bung karno memiliki pemikiran dan ide yang brilian dan sangat berkualitas. Selain itu, di Blitar sendiri adalah tempat di mana beberapa tokoh-tokoh sejarah lainya seperti Shodancho Supriyadi dan Aryo Blitar. Sehingga semua perjuangan tersebut wajib dikenang.

Dilihat dari aspek ideologis, Bung Karno memiliki pemikiran yang berkualitas dan sangat brilian, sehingga ide-idenya, pemikiranya, gagasan hingga ilmu dan pendapatnya sangat bernilai. Kekayaan intelektual Bung Karno inilah yang dinilai memberikan manfaat dan menjadi aset penting bagi negara, walaupun beliau telah tiada.

Sedangkan untuk aspek empiris, pembangunan Museum Bung Karno bertujuan untuk melengkapi makam Bung Karno yang berlokasi di Blitar. Selain itu, museum ini juga membantu masyarakat dalam belajar tentang sejarah Bung Karno yang diharapkan mampu menginsipasi dan ikut meneladani Bung Karno dalam memperjuangkan bangsa dan negaranya.

Melansir dari museum.or.id, di Museum Bung Karno Blitar masyarakat dapat mengenal lebih dalam perjuangan Bapak Proklamator itu. Banyak koleksi barang Bung Karno yang dipajang di museum seperti jas yang digunakan saat mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dahulu. Ada juga sebuah koper yang digunakan Bung Karno saat keluar masuk tahanan selama masa penjajahan dahulu. Hingga koleksi keris yang kental dengan budaya Jawa.

Untuk pergi ke Museum Bung Karno lokasinya terletak di pusat Kota Blitar, tepatnya di Jalan Ir. Soekarno, Bondogerit, Sananwetan, Kota Blitar. Museum ini terletak satu komplek dengan Makam dan Perpusatakaan Bung Karno. Pengunjung bisa sekaligus mengujungi makam beliau untuk berziarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya