SOLOPOS.COM - sate kopok (JIBI/Solopos/istimewa)

Masakan jorok. Barangkali itulah yang terlintas ketika tahu nama masakan ini. Gara-gara berlendir menyerupai kopok atau kotoran telinga, makanan ini pun disebut warga Sate Kopok. Hiii…

 

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Madiunpos.com, PONOROGO – Selain terkenal dengan kesenian Reog, Ponorogo juga memiliki ragam masakan yang yang layak dicicipi rasanya.

 

Salah satunya ialah Sate Kopok. Ya, sesuai namanya, Sate Kopok memang memiliki tekstur berlendir tak ubahnya kopok, yakni kotoran telinga. Sate ini biasanya disajikan bercampur dengan nasi tahu.

 

Berbeda dari sate biasanya yang dibakar dan dicampur sambal kacang, Sate Kopok ini tidak dibakar. Pengolahan makanan bernama cukup jorok ini ternyata cukup disiram dengan sambal santan kental sampai menyerupai kopok.

Meski demikian, rasa sate yang satu ini tak kalah hebat dari sate pada umumnya. Sensasinya terasa saat menikmati sambalnya yang terbuat dari santan kental dan rasa satenya yang tidak dibakar. Apalagi bercampur dengan pedasnya nasi tahu, lengkap sudah kelezatannya.

 

“Sate Kopok ini memang khas dari Ponorogo, dan hanya orang Balong yang membuatnya. Sejak dijajah dulu, sate ini yo wis enek,” kata Misingah, 68, Salah satu penjual sete kopok di Pasar Balong, Kecamatan Balong, Ponorogo kepada Madiunpos.com (17/02/2015).

Menurut Misingah, hanya orang Desa Karangan Kecamatan Balonglah yang rela membuat Sate Kopok ini. Pasalnya, untuk membuat bumbunya dibutuhkan kesabaran extra serta ketelatenan. “Gawe panganan iki kudu telaten,” tambahnya.

 

Misingah sendiri berjualan sate ini sejak 1970. Keluarganya sudah empat generasi berjualan Sate Kopok dan akan terus diwariskan kepada anak cucunya. (Fuad Arrahman/JIBI/Solopos)

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya