SOLOPOS.COM - Perahu Naga Wisata yang baru diluncurkan Pemkab Ponorogo di Telaga Ngebel, Senin (3/7/2023). (ponorogo.go.id)

Solopos.com, PONOROGO — Wahana di Telaga Ngebel yang menjadi objek wisata andalan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, kini semakin lengkap. Baru-baru ini, pemkab meluncurkan Perahu Naga Wisata sebagai wahana yang bisa dinikmati pengunjung Telaga Ngebel.

Perahu Naga Wisata yang dibeli di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ini memiliki panjang 12 meter dan lebar 2,7 meter. Pemkab Ponorogo mengeluarkan dana senilai Rp197 juta untuk mengadakan perahu naga ini.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Perahu wisata ini sengaja berbentuk naga karena untuk memperkuat identitas Telaga Ngebel. Hal ini bukan tanpa alasan, karena masyarakat setempat percaya pada legenda naga Baru Klinting di Telaga Ngebel.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, mengatakan Perahu Naga Wisata ini sudah memenuhi standar wahana yang beroperasi di air. Tim ahli dari Kantor Syahbandar Utama (KSU) Tanjung Perak Surabaya juga telah melakukan uji kelayakan terhadap operasional perahu wisata tersebut.

“Termasuk Dinas Perhubungan. Kapasitas perahu ini untuk 20 penumpang,” kata dia yang dikutip dari ponorogo.go.id, Rabu (5/7/2023).

Dia menuturkan bagi pengunjung yang akan menikmati perahu wisata ini wajib mengenakan jaket pelampung yang telah disediakan. Pengelola akan memperhatikan standar keamanan yang ketat.

Tiket untuk menaiki perahu wisata ini sharga Rp10.000. Tarif ini sudah sekaligus dengan asuransi jaminan kecelakaan.

Dua petugas ikut mendampingi wisatawan selama berkeliling di Telaga Ngebel.

“Standar prosedur tetap wajib dijalankan ketika perahu beroperasi,” ujar dia.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan keberadaan perahu naga ini semakin melengkapi wahana wisata di Telaga Ngebel.

Sebelumnya, pemkab telah melengkapi tempat wisata favorit di Ponorogo ini dengan air mancur menari. Wahana wisata yang baru itu pun mendapat perhatian dari masyarakat.

“Telaga Ngebel semakin kaya dengan fasilitas wisatanya,” kata Sugiri seusai meluncurkan Perahu Naga Wisata di Telaga Ngebel, Senin (3/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya