SOLOPOS.COM - Ilustrasi latihan silat. (Dok Solopos)

Solopos.com, PONOROGO — Tugu pencak silat terbesar di Indonesia ternyata berada di Ponorogo, Jatim. Keberadaan tugu silat merupakan simbol adanya sebuah perguruan pencak silat di dekat daerah tersebut dengan bentuk lambang perguruan.

Dikutip dari id.wikipedia.org pada Kamis (9/11/2023), tugu pencak silat dapat ditemukan pada tiap kota di Jawa hingga pulau-pulau besar di Indonesia. Saat ini tugu pencak silat terbesar di Indonesia berada di Ponorogo dengan tinggi total 13 meter x 12 meter.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di Ponorogo memang banyak ditemukan tugu silat. Hingga pada pembangunan tugu Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) menyebar sampai Madiun yang merupakan pusat dari bela diri tersebut.

Dikutip dari bondowoso.jatimnetwork.com dari Youtube Denny Wewey, tugu silat terbesar yang dimiliki oleh PSHT adalah tugu yang berada di Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Jawa Timur.

Tugu ini mulai dibangun pada tahun 2018 yang dipersembahkan untuk 1 Abad PSHT yang jatuh pada tahun 2022 lalu.

Dikutip lagi dari id.wikipedia.org, keberadaan tugu silat sering menimbulkan konflik antarperguruan karena adanya kecemburuan sosial dan ketidaksenangan perguruan silat lain akan adanya tugu silat. Sehingga merugikan warga sipil yang berada di sekitar tugu silat.

Guna mencegah konflik tersebut, salah satunya dibangunlah tugu perdamaian silat dari semua perguruan di Madiun sebagai bentuk perdamaian antarperguruan silat.

Dengan demikian, selain terdapat tugu pencak silat terbesar di Indonesia yang berlokasi di Ponorogo juga terdapat tugu perdamaian di Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya