SOLOPOS.COM - Makam Sunan Bonang (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, MADIUN — Umat Islam di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan Wali Songo. Wali Songo terdiri dari sembilan tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Sembilan wali itu terdiri dari Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan Sunan Gunung Jati.

Lokasi makam sembilan wali tersebut tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selama ini, makam sembilan wali ini ramai dikunjungi umat Islam untuk berziarah. Dari sembilan wali itu, lima wali di antaranya dimakamkan di wilayah Jawa Timur. Setiap hari, ada ribuan peziarah yang datang ke makam para wali tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berikut ini lima makam wali yang ada di Jawa Timur:

  1. Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel menjadi salah satu tokoh sentral penyebaran agama Islam di Indonesia. Peranannya yang besar dalam penyebaran Islam membuat Makam Sunan Ampel setiap hari ramai dikunjungi peziarah, baik lokal maupun luar negeri. Makam Sunan Ampel ini ada di Jalan Ampel, Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Seusai berziarah, pengunjung bisa mendatangi Kampung Arab yang lokasinya tidak jauh dari makam. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh di sana.

masjid tertua surabaya
Kompleks makam Sunan Ampel yang ada di belakang Masjid Sunan Ampel, Surabaya. (surabaya.go.id)
  1. Makam Sunan Giri

Sunan Giri menjadi salah satu wali dari Wali Songo yang berperan penting dalam perkembangan Islam di Indonesia. Sunan Giri wafat pada tahyn 1506 Masehi. Dilansir dari disparekrafbudpora.gresikkab.go.id, Sunan Giri atau yang memiliki nama asli Raden Paku ini pernah menjadi raja bergelar Prabu Satmoto dan memerintah Kerajaan Giri Kedaton pada tahun 1487-1506 M. Selain itu, Prabu Satmoto juga memerintah Gresik dan sekitarnya dalam beberapa generasi. Hingga kini Makam Sunan Giri banyak dikunjungi sebagai tempat wisata religi. Makam Sunan Giri berada di Jalan Sunan Giri, Pedukuhan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Makam Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur. (JIBI/Solopos/Antara/Abd. Malik Ibr.)
Makam Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur. (JIBI/Solopos/Antara/Abd. Malik Ibr.)
  1. Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat yang memiliki nama Raden Syarifuddin adalah salah satu tokoh dari Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Dilansari dari kablamongan.jdih.jatimprov.go.id, Sunan Drajat merupakan salah satu putra dari Sunan Ampel dan memiliki saudara yang juga sesama wali, yakni Sunan Bonang.

Dalam dakwahnya, Sunan Drajat dikenal sebagai tokoh penyebaran Islam melalui kebudayaan. Hingga saat ini Makam Sunan Drajat menjadi salah satu tempat wisata religi yang letaknya di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pengunjung yang datang ke lokasi ini selain untuk berziarah juga untuk mempelajari sejarah perjuangan Sunan Drajat dalam dakwah Islam di Nusantara.

  1. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang ini berada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Wali yang memiliki nama Maulana Makdum Ibrahim ini terkenal sebagai penyebar agama Islam yang menggunakan metode kesenian seperti wayang, instrumen gamelan, dan lain sebagainya. Makam Sunan Bonang ada di tiga tempat yang berbeda. Namun, makam yang asli diyakini berada di Kabupaten Tuban. Hal ini mengacu pada lokasi di mana Sunan Meninggal, yakni di Pulau Bawean. Konon, walaupun telah dimakamkan di Pulau Bawean, murid-murid yang berada di Tuban mencuri dan memindahkan jenazah kemudian dimakamkan di Tuban.

Karamah sunan bonang
Sunan Bonang. (Facebook/Sunan Bonang)
  1. Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik yang memiliki nama Maulana Malik Ibrahim ini dikenal sebagai salah satu tokoh Wali Songo yang pertama kali menyebarkan agama Islam di Nusantara. Dilansir dari disparekrafbudpora.gresikkab.go.id, Sunan Gresik datang ke Jawa untuk menyebarkan agama Islam pada zaman Majapahit sekitar tahun 1379 M.

Sunan Gresik wafat pada tahun 1419 M dan dimakamkan di Jalan Malik Ibrahim, Desa Gapuro Sukolilo, Kota Gresik. Lokasi makam Sunan Gresik ini sangat mudah dijangkau transportasi umum. Bangunan Makam Sunan Gresik memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dilihat dari batu nisan dan gaya tulisan Arab yang terdapat pada makam.

Itulah lima tempat wisata religi makam Wali Songo yang ada di Jawa Timur. Anda bisa berkunjung di lima makam tersebut dalam satu hari karena lokasinya berada di kawasan Jatim bagian utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya