SOLOPOS.COM - Satai Karak, kuliner khas Surabaya. (https://budaya-indonesia.org/)

Solopos.com, SURABAYA — Kuliner satai sangat beragam di Indonesia, ada satai Madura, satai Padang, satai Ambal, satai Kere, dan lain sebagainya. Di Kota Surabaya, Jawa Timur, ada satu variasi satai yang dinamakan satai Karak.

Satai Karak ini menjadi salah satu kuliner yang pernah eksis sejak 1960. Pada waktu itu, satai ini banyak dijual di kawasan Ampel, Surabaya. Satai ini biasanya dinikmati masyarakat sebagai menu sarapan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bagi Anda yang baru mendengar, mungkin berasumsi satai Karak ini terbuat dari karak atau kerupuk yang terbuat dari nasi. Namun, bahan utama membuat satai Karak ini adalah jeroan sapi dan ketan hitam.

Satai Karak ini terbuat dari jeroan sapi atau daging sapi dan menggunakan ketan hitam dengan taburan parutan kepala di atasnya. Jeroan sapi yang dipakai adalah usus sapi dengan racikan bumbu spesial.

Pada zaman dahulu, satai Karak merupakan salah satu kuliner legendaris dari Jawa Timur. Namun, saat ini keberadaan satai Karak sudah jarang ditemui dan mulai dilupakan masyarakat.

Salah satu penjual satai Karak yang masih eksis di Surabaya adalah warung Wllis Romlah atau sering dipanggil Bu Ellis. Warung satai Karak ini sudah dikelola oleh generasi ketiga.

Warung Sate Karak Bu Ellis berlokasi di Jalan Ampel Lonceng No. 60, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya. Lokasi warung ini cukup terpencil karena berada di depan gang sehingga akses kendaraan cukup sulit.

Jika berkunjung ke sana, Anda dapat melewati Jalan K. H. Mas Mansyur dan mencari gerobak kecil yang bernama Sate Karak Khas Ampel di depan Gang Ampel Lonceng. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB-22.00 WIB.

Satai Karak memiliki daya tarik yang terletak pada perpaduan bahan dasarnya, yaitu jeroan sapi dan ketan hitam. Sedapnya jeroan sapi kemudian digabungkan dengan cita rasa manis dan gurih dari ketan hitam, ditambah dengan parutan kelapa semakin menambahkan keunikan rasa.

Kombinasi itulah yang membedakan satai Karak dengan satai lainnya. Bagi Anda yang belum terbiasa maka rasa makanan ini akan terasa asing di lidah.

Namun, sebagian besar pengunjung mengapresiasi kuliner khas Surabaya ini karena memiliki kenikmatan rasa yang unik dan autentik.

Selain cita rasanya, satai Karak juga dapat dinikmati oleh semua kalangan karena harganya murah meriah. Dikutip dari laman gotravelly.com yang diakses pada Selasa (18/7/2023), satai Karak disajikan dengan harga Rp13.000 per porsi. Bila Anda kurang menyukai satai usus sapi, tenang saja karena di sana juga disediakan satai daging sapi. Selain itu, menu minuman yang disediakan adalah kopi, jahe hangat, teh hangat, es teh, es jerman, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya