SOLOPOS.COM - Es Drop Cap Burung Betet, kuliner khas Blitar yang telah berdiri sejak tahun 1937. (Instagram@lambengunyahmalang)

Solopos.com, BLITAR — Berkunjung ke Blitar tidak lengkap rasanya jika tidak menyicipi kuliner maupun jajanan khasnya. Di Blitar, ada salah satu jajanan dingin legendaris yang sangat direkomendasikan bagi wisatawan, yaitu es drop.

Bagi sebagian orang, jajanan ini mungkin masih asing. Es drop merupakan es lilin dengan panjang sekitar 10 centimeter yang terbuat dari gula merah dan santan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dikutip dari siekraf.visitblitar.com, Minggu (6/8/2023), es drop ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pabrik pembuatan es drop pertama berdiri di Blitar pada tahun 1937 yang dikenal nama Es Drop Burung Betet.

Saat ini es drop tersebut sudah dikelola oleh generasi ketiga. Meski sudah eksis puluhan tahun, es zaman dulu atau jadul ini masih menggunakan esep yang sama sampai saat ini. Sehingga rasanya masih tetap sama seperti dahulu.

Lokasi pabrik es ini berada di Jalan Anggrek No. 49-51, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur. Diketahui bahwa pengelola pabrik ini sudah masuk ke generasi ketiga. Sayangnya, produksi kuliner yang sempat terkenal pada awal tahun 2000-an ini mulai menurun. Hal ini dikarenakan sudah banyak produk es kekinian yang dijual di toko maupun swalayan.

Sejak dulu, kuliner ini dijajakan secara keliling dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Ciri khas penjual kuliner menyegarkan ini adalah batang esnya diletakkan di wadah tabung berwarna merah atau cokelat. Tak lupa, penjual es drop berkeliling dengan menyembunyikan alat seperti lonceng.

Es drop telah menjadi jajanan legendaris yang diminati berbagai kalangan masyarakat di Blitar. Es yang dicetak persegi panjang dengan gagang lidi ini berbeda dari kebanyakan es krim pada umumnya. Hal ini karena cara membungkus es drop adalah menggunakan kertas dengan bagias atas dan bawahnya tetap terbuka.

Saat ini, es drop sudah banyak menyajikan varian rasa, mulai dari kacang hijau, cokelat, melon, durian, stroberi, dan masih banyak lagi. Pengunjung akan merasakan rasa gurih, manis, dan lembut dari es drop.

Cita rasa ini diketahui tidak berubah sama sekali sejak dulu sehingga keautentikan rasa masih bisa dirasakan pengunjung. Harga untuk dapat menikmati es drop juga terbilang murah sehingga tidak terlalu menguras kantong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya