Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Letusan Gunung Kelud Diduga Runtuhkan Kerajaan Majapahit

Letusan Gunung Kelud Diduga Runtuhkan Kerajaan Majapahit
user
Rabu, 20 April 2022 - 19:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga Dusun Laharpang, Suparman menggendong cucunya di depan rumahnya yang rusak terkena dampak letusan Gunung, Kelud, Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/2/2014). Setelah status Gunung Kelud dinyatakan siaga, warga yang tinggal di pengungsian kini kembali ke rumahnya meskipun kondisi rumah mereka rusak berat dan hampir tidak bisa ditempati. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Solopos.com, KEDIRI — Letusan Gunung Kelud pada kurun waktu 1380 – 1420 Masehi diduga menjadi salah satu penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang berpusat di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur itu hanya berjarak 40 kilometer sebelah utara dari Gunung Kelud. Hal itu didasarkan pada tebalnya abu vulkanik yang mengubur candi peninggalan Kerajaan Majapahit.

Selain Mojokerto, candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit juga tersebar di Blitar dan Kediri. Candi-candi itu berada di wilayah yang telah tertimbun oleh material vulkanik, baik berupa endapan jatuhan piroklastika, aliran piroklastika, maupun endapan lahar. Endapan-endapan tersebut berasal dari letusan-letusan eksplosif dari Gunung Kelud dan pasca letusan yang terjadi pada kurun waktu abad ke-12 hingga abad ke-15.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN