SOLOPOS.COM - Pimpinan Cabang GP Ansor Tulungagung Muhamad Sukur (kedua kanan) saat bertemu dengan perwakilan Polres Trenggalek, Senin (6/3/2023). ANTARA/HO - Humas Polres Trenggalek

Solopos.com, TRENGGALEK — Satreskrim Polres Trenggalek menetapkan 11 orang sebagai tersangka dalam insiden pelemparan batu ke mobil rombongan ziarah asal Tulungagung saat melintas di Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo Desa Jambu, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tersangka penyerangan mobil rombongan ziarah itu merupakan anggota salah satu perguruan silat.

Kasat Reskrim Polres Trenggalek, Iptu Agus Salim, mengatakan pelaku pelemparan batu ke empat mobil rombongan peziarah dari GP Ansor Tulungagung itu telah ditangkap. Rombongan ziarah itu hendak pulang ke Tulungagung setelah berziarah dari Ponorogo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sebanyak 11 orang ditetapkan tersangka. Empat di antaranya adalah anak pelajar SMK,” kata Agus, Selasa (7/3/2023).

Sebelum menetapkan tersangka dalam kejadian ini, lanjut Agus, polisi menangkap 21 orang pemuda dari salah satu peguruan silat di Trenggalek. Mereka ditangkap karena ditengarai terlibat dalam aksi pelemparan keempat minibus yang membawa rombongan peziarah.

“Semula kami amankan sebanyak tujuh orang kemudian dikembangkan menjadi 21 orang. Setelah kami lakukan pemeriksaan secara maraton, ditetapkan sebanyak 11 orang tersangka,” ujarnya.

Agus mengatakan para pesilat dari salah satu perguruan tertentu di Trenggalek itu, rencananya akan melakukan aksi kekerasan terhadap kelopak perguruan lain. Namun salah sasaran.

“Mereka oknum dari kelompok perguruan tertentu hendak mengganggu kelompok perguruan lain yang pulang melaksanakan kegiatan di luar daerah. Namun salah sasaran,” ujarnya.

Mobil rombongan peziarah itu dilempari batu saat melintas di Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo. Dalam kejadian itu, 14 orang mengalami luka ringan dan dua orang mengalami luka berat.

Mobil rombongan peziarah itu baru pulang dari berziarah di Ponorogo. Salah satu mobil bahkan sampai masuk ke sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya