SOLOPOS.COM - Ilustrasi aneka bahan pangan. (Deptan.go.id)

Lebaran 2015 disongsong Pemprov Jatim dengan penyiapan stok pangan.

Madiunpos.com, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan stok pangan menjelang Lebaran 2015 masih mencukupi kebutuhan pokok masyarakat Jatim.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur Wibowo Eko Putro mengatakan ada lima komoditi pangan yang dijaga oleh tim pengendali inflasi daerah (TPID), di antaranya adalah beras, jagung, kedelai, bawang merah dan cabai. “Jadi untuk konsumsi Jatim terhadap 5 komoditi itu aman, karena produksi tanaman pangan kita melimpah. Termasuk beras tahun ini surplus 600.000 ton, sedangkan bawang merah dan cabai, Jatim punya sentranya,” katanya Selasa (9/6/2015).

Dia menjelaskan, untuk menjaga kebutuhan saat Lebaran nanti, di Jatim sudah memiliki dua gudang penyimpanan bawang merah dan cabai dengan kapasitas 100 ton yakni di Kabupaten Probolinggo dan Nganjuk. “Sentra produksi bawang merah dan cabe memang ada di Nganjuk dan Probolinggo, jadi ada gudang di sana. Sentra lain juga ada seperti di lereng Gunung Kumitir, lalu lereng Gunung Kelud mulai dari Kabupaten Kediri sampai Blitar,” jelasnya.

Menurut Wibowo, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran tahun ini masih di batas normal. Hanya saja, katanya, dikhawatirkan stok kebutuhan pokok bawang merah Jatim akan berkurang ketika daerah lain membutuhkan. “Untuk Jatim memang cukup, tapi ketika provinsi lain enggak cukup, pasti ambil di sini,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya