SOLOPOS.COM - Seorang anak membeli CVD di Kota Madiun (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

Lagu anak-anak yang banyak dijual di toko VCD dan lapak-lapak PKL tak semuanya aman ditonton. Sebagian bahkan bisa memicu puberitas dini.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Jika mengunjungi lapak-lapak PKL yang berjualan video compact disc (VCD), masyarakat akan sangat mudah mendapatkan lagu-lagu atau film yang bertema anak-anak. Tapi siapa sangka tak semua VCD kanak-kanak itu tak aman ditonton oleh anak-anak.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Itulah sebabnya para orang tua harus ekstra hati-hati. Kaset-kaset VCD yang bertema anak-anak itu ternyata sebagian isinya disisipi lagu-lagu dengan lirik orang dewasa.

Penelusuran Madiun Pos, kaset VCD berisi lagu anak-anak sebagian disisipi lagu dewasa. Sebutlah di antaranya Goyang Dumang, Goyang Morena, atau Sakitnya Tuh di Sini yang liriknya mengulas tema percintaan dan perselingkuhan.  Anehnya, lagu-lagu tersebut berada dalam satu paket lagu anak-anak seperti Malu Sama Kucing, Kucing Meong-Meong, atau Odong-Odong.

Demi menyamarkan kesan video penari yang tak senonoh, gambar dalam kaset tersebut diganti gambar kartun. Meski demikian, latar belakang lagu-lagu tersebut tetap penari perempuan-perempuan berdandan seksi.

Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) IKIP Madiun, Sofia Nur Afifah, menjelaskan lagu anak-anak berisi lirik orang dewasa bisa menghancurkan perkembangan psikologis anak-anak. Bahkkan, anak yang sudah terbiasa mengonsumsi lagu-lagu berisi lirik dan gambar orang dewasa akan mengalami puberitas dini.

“Anak tersebut menjadi dewasa sebelum waktunya. Ini membahayakan perkembangan jiwa anak-anak,” paparnya saat ditemui Madiun Pos di Kampus IKIP Madiun, Sabtu (14/2/2015).

Puberitas dini, kata Sofia, akan merembet pada sikap anak menjadi tak mau bergaul dengan rekan seusianya lantaran ingin selalu tahu masalah orang dewasa. Celakanya, anak-anak hilang masa anak-anaknya lantaran sudah kecanduan dunia orang dewasa yang ia kenal melalui tontonan-tontonan memabukkan itu.

“Yang berbahaya itu akan mencoba hal-hal yang membuatnya penasaran, padahal belum waktunya. Ini mestinya diwaspadai para orang tua,” paparnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya