SOLOPOS.COM - Bakal capres Anies Baswedan tengah berbincang dengan Bupati Jember, Hendy Siswanto, di rumah pribadi Hendy di Jalan Sultan Agung, Jember, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (6/5/2023). (Solopos.com-Antara/Zumrotun Solichah)

Solopos.com, JEMBER — Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan melakukan safari politik ke Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Ia pun menyempatkan diri berkunjung ke rumah pribadi Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang kerap dilanda banjir saat hujan deras, Sabtu (6/5/2023) sore.

Anies tiba di Bandara Notohadinegoro, Jember, dengan menggunakan pesawat pribadi. Ia disambut Bupati Jember, pengurus Partai Nasdem dan sukaarelawan yang mendukungnya sebagai capres pada Pilpres 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Alhamdulillah, kami bersyukur telah tiba di Jember. Kedatangan kami di sini untuk menghadiri haul Habib Sholeh Al-Hamid di Tanggul,” katanya kepada sejumlah wartawan di rumah pribadi Bupati Hendy Siswanto di Jalan Sultan Agung Jember.

Menurutnya kunjungannya ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Jawa Timur merupakan bagian dari tanggung jawab karena mendapat amanat dari Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

“Kami datang, mendengar, menyerap aspirasi, dan melihat perkembangan terkini yang ada di masyarakat untuk menyelesaikan sejumlah persoalan seperti keadilan, masalah ketimpangan, kemiskinan, dan lapangan pekerjaan agar masyarakat bisa lebih baik,” tuturnya.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan alasannya menjamu Anies di rumah pribadi dan bukannya di Pendapa Wahyawibawagraha karena sebelumnya sudah akrab dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu “Bang Anies punya sejarah lama dengan kami saat saya berdomisili di Jakarta dan saya Ketua Umum Pendapa Nusantara 45. Kami punya ikatan emosional yang cukup dekat seperti keluarga,” katanya.

Setelah menikmati makan malam di rumah pribadi Hendy, Anies bergeser ke Kantor Radio di Jalan Danau Toba, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan dan dilanjutkan nongkrong di Cafe Tipis-tipis yang berada bersebelahan dengan gedung radio swasta tersebut. Di kafe itu, Anies menyempatkan diri untuk berbincang dengan masyarakat, kelompok sukarelawan dan simpatisan yang mendukungnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya