SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pemilihan Umum JIBI/Harian Jogja/Antara

RPP Pangeran Timur didirikan untuk mengedukasi warga tentang pemilu.

Solopos.com, MADIUN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang didirikan di lingkungan kantor setempat. RPP itu diberi nama Pangeran Timur.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua KPU Kabupaten Madiun Wahyudi mengatakan nama-nama RPP yang diberikan oleh KPU di daerah lain disesuaikan dengan budaya lokal masing-masing. Nama Pangeran Timur dipilih karena merupakan tokoh pejuang pendiri wilayah Kadipaten Madiun pada masa lalu.

“Diharapkan warga Kabupaten Madiun dapat memanfaatkan RPP tersebut agar paham semua hal tentang pemilu. Sisi lain, warga Madiun juga harus terus meneladani perjuangan Pangeran Timur yang mendirikan Kabupaten Madiun,” ujar Wahyudi kepada wartawan, di Madiun, Kamis (6/4/2017).

RPP Pangeran Timur diresmikan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Madiun Agrim Kurnia, Persemian dihadiri perwakilan anggota DPRD setempat, para komisioner KPU Kabupaten Madiun, perwakilan parpol, ormas, mahasiswa, dan pelajar.

Dia menyebut di dalam RPP Pangeran Timur tersedia berbagai hal tentang pemilu. Di antaranya ruang audio visual yang memuat informasi dan dokumentasi tentang pemilu. Ada juga ruang simulasi pemungutan suara saat pemilu.

Wahyudi menambahkan RPP Pangeran Timur didirikan untuk mengedukasi warga setempat tentang tahapan dan mekanisme pemilu atau pilkada. Apalagi Kabupaten Madiun pada tahun 2018 akan ikut menggelar pilkada serentak bersamaan dengan Pemilihan Gubernur Jatim.

“Selain mengedukasi, diharapkan keberadaan RPP ini juga mendongkrak tingkat partisipasi warga Kabupaten Madiun, terlebih para pemilih pemula,” kata Wahyudi.

Asisten Administrasi Pemerintah Kabupaten Madiun Agrim Kurnia sangat mengapresiasi pendirian RPP Pangeran Timur. “Ini terobosan yang baik. Diharapkan warga Kabupaten Madiun dapat memaksimalkan fungsinya untuk mendapatkan pengetahuan tentang pilkada ataupun pemilu,” kata Agrim.

Rumah Pintar Pemilu Pangeran Timur akan melayani warga Kabupaten Madiun selama hari kerja pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya