SOLOPOS.COM - Sejumlah unsur KRI milik TNI AL mengevakuasi penumpang KM Mutiara Timur 1 yang terbakar di Selat Bali, Rabu (16/11/2022). (ANTARA/HO-Dispen Koarmada II)

Solopos.com, BANYUWANGI — Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 1 mengalami kebakaran di Selat Bali saat berlayar dari Pelabuhan Banyuwangi, Jawa Timur, dengan tujuan Pelabuhan Gili Mas Lembar, Nusa Tenggara Barat, Rabu (16/11/2022). Ratusan penumpang kapal tersebut pun berhasil diselamatkan.

TNI Angkatan Laut menerjunkan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) ke lokasi untuk mengevakuasi ratusan penumpang kapal yang terbakar tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI Tolhas Sininta Nauli Basana Hutabarat dalam keterangan tertulisnya mengatakan pihaknya telah mengerahkan beberapa unsur KRI ke lokasi kapal yang terbakar.

“Di antaranya kami mengerahkan KRI RE Martadinata-331, KRI Sultan Hasanuddin-366, KAL Kadet-06, dan KAL Kadet-07 yang kebetulan sedang melaksanakan Pam VVIP KTT G20 di perairan Laut Bali,” kata Pangkoarmada Hutabarat.

Baca Juga: Ada Tersangka Baru Kasus Video Mesum Kebaya Merah, Seorang Mahasiswi Asal Bali

Menurut dia, tindakan tersebut sebagai implementasi pelaksanaan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL untuk cepat dan tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat, salah satunya dengan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana, serta pencarian dan pertolongan (SAR).

Hingga Rabu malam ini, Pangkoarmada memastikan, telah mengevakuasi sekitar 250 orang penumpang KM Mutiara Timur 1 dalam kondisi selamat.

Dia memerinci prajurit dari KRI REM-331 mengevakuasi sebanyak 210 penumpang. Selain itu, KAL Kadet-06 mengevakuasi sebanyak 21 penumpang, dan KAL Kadet-07 mengevakuasi sebanyak 19 penumpang.

Baca Juga: Tahanan Kasus Narkoba Ditemukan Gantung Diri Pakai Sarung di Mapolres Sampang

“Selanjutnya seluruh penumpang KM Mutiara Timur I yang berhasil dievakuasi dibawa menuju Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi, Jawa Timur, guna pemeriksaan kesehatan lebih lanjut,” ujar dia pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya