SOLOPOS.COM - ilustrasi pecel Madiun. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN – Setiap daerah tentu memiliki makanan tradisional yang terkenal, seperti di Kota Madiun, Jawa Timur yang terkenal dengan pecelnya, apa sih keunikannya?

Dilansir oleh jadesta.kemenparekraf.go.id pada Kamis (14/12/2023), Nasi Pecel atau Sego Pecel telah lama menjadi ikon kuliner khas asli Madiun.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Yang membedakan nasi pecel Madiun dengan nasi pecel lainnya adalah pada saus sambal kacang.

Perlu keahlian khusus dalam memilih jenis kacang tanah, komposisi bumbunya dan penggunaan daun jeruk purut sebagai penambah aroma saus sambal kacangnya.

Dalam sajian pecel Madiun, kombinasi sayurannya lebih beragam, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, kenikir, kecambah, daun singkong, daun pepaya, dan ada juga bunga turi.

Pecel Madiun juga menambahkan potongan mentimun atau krai, petai cina dan daun kemangi sehingga makin sedap dan segar disantap.

Komponen pelengkapnya pun tak kalah mantap. Ada serundeng, oseng-oseng tempe, rempeyek, lempeng puli, sate usus, ati-ampela, telor dan aneka lauk-pauk lainnya yang amat menggiurkan. Bumbu kacang pada pecel Madiun juga dibuat lebih kental.

Ada lagi satu keunikan pecel Madiun, yakni disajikan dengan pincuk daun pisang. Pincuk merupakan istilah dalam bahasa Jawa, yang berarti piring yang terbuat dari lembaran daun pisang yang dilipat dan disemat lidi.

Nasi pecel dan lauknya ditaruh di bagian cekungan lipatan tadi. Nasi hangat dan aneka sayuran di atasnya kemudian disiram kuah kacang gurih dan taburan serundeng kelapa ditambah sepotong tempe dan rempeyek kacang.

Di dalam pecel terkandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Makanan yang menyerupai salad ini kaya akan serat dan vitamin dari aneka sayurannya. Sangat cocok untuk yang sedang melakukan diet. Mengenyangkan dan sehat tentunya

Cita rasa yang khas dan lezat membuat pecel tak pernah kehilangan penikmatnya. Makanan ini selalu memberikan kesan tak terlupakan. Bagai kenangan yang tak lekang dimakan zaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya