SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Negeri Surabaya. (ANTARA/HO-Humas Unesa)

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 40.920 peserta mengikuti pendaftaran mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Dari puluhan ribu peserta yang mendaftar itu, hanya 10.206 orang yang diterima sebagai mahasiswa baru di Unesa.

“Yang diterima tersebut merupakan hasil persaingan ketat dari sebanyak 40.920 peserta jalur UTBK-SNBT, baik itu sebagai pilihan pertama maupun pilihan kedua,” kata Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Baru Unesa, Sukarmin, Rabu (21/6/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Unesa tahun ini berada di urutan ke-10 sebagai kampus yang memiliki pendaftar terbanyak di jalur SNBT. Pada kategori vokasi, Unesa menerima 1.063 peserta jalur tersebut.

Dia menyampaikan angka tersebut mencatatkan Unesa sebagai kampus ke-8 nasional yang menerima pendaftar vokasi terbanyak.

“Unesa juga masuk sebagai kampus dengan pendaftar KIP-K terbanyak se-Indonesia, yaitu menerima 4.239 jalur UTBK,” ujar dosen FMIPA itu seperti dikutip dari Antara.

Sukarmin mengucapkan selamat kepada para peserta yang sudah lolos di prodi dan kampus impiannya.

Dia meminta peserta segera mempersiapkan berkas pendaftaran ulang dan memantau tanggal penting di laman dan media sosial official Unesa.

Untuk yang belum dinyatakan lolos di Unesa jalur SNBT, katanya, masih ada jalur mandiri yang kesempatannya masih terbuka.

Ia menyarankan peserta agar nilai SNBT-nya digunakan untuk mendaftar jalur mandiri atau SPMB utamanya jalur tanpa tes di Unesa.

Jalur tanpa tes ini, katanya, kesempatan bagus bagi peserta, sebab hanya diikuti peserta yang memiliki nilai UTBK dan SNBP (rapor).

“Bagi adik-adik yang nilai UTBK-nya bagus, bisa memilih prodi apapun yang ada di Unesa. Bagi yang nilainya sedang, pilihlah prodi Unesa yang persaingannya tidak terlalu tinggi. Buat adik-adik yang memilih prodi keolahragaan dan seni, bisa didukung dengan portofolio atau sertifikat,” ujarnya.

Selain jalur nontes tersebut, Unesa juga menyiapkan tujuh jenis penerimaan jalur mandiri. Ada jalur prestasi, jalur disabilitas, TMUBK, afirmasi pendidikan tinggi (Adik), kerja sama dan jalur mahasiswa luar negeri.

“Jalur yang sangat berpeluang besar bagi peserta yaitu jalur prestasi, di dalamnya ada jalur prestasi kepemimpinan bagi pengurus inti OSIS, prestasi olahraga, seni, saintek-soshum, MTQ, tahfiz, pesantren, prestasi agama Katolik, Protestan, Hindu, Buddha. Adik-adik nanti tinggal mengunggah sertifikat bukti pernah ikut lomba, piagam juara dan sebagainya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya