SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI)

Kesehatan Tulungagung terus dibenahi dengan meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Sebanyak 31 puskesmas yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Tulungagung segera berstatus badan layanan umum daerah (BLUD) guna meningkatkan layanan kesehatan masyarakat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sementara ini sudah sembilan puskesmas yang proses verifikasi menjadi BLUD. Lainnya dalam tahap pendampingan,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, Bahrudin di Tulungagung, Selasa (12/4/2016).

Kesembilan puskesmas yang telah memenuhi persyaratan administratif, teknis, maupun substantif meliputi Puskesmas Tulungagung, Kauman, Sumbergempol, Banjarjo, Tiyudan, Pucanglaban, Pagerwojo, Tanggunggunung, serta Bangun Jaya.

Bahrudin mengungkapkan sebanyak 22 dari total 31 puskesmas yang ada di Tulungagung sampai saat ini masih dalam tahap pembinaan dinkes. Kendati pengajuan bertahap, Bahrudin berharap penetapan status BLUD untuk 31 puskesmas nantinya bisa dilakukan serentak.

“Target kami 2017 nanti semua [puskesmas] sudah terakreditasi BLUD, sehingga mereka bisa mandiri secara manajemen keuangan agar pelayanan kesehatan masyarakat juga optimal,” ujar dia.

Proses penetapan status BLUD untuk sembilan puskesmas itu menurut Bahrudin tinggal menunggu hasil penilaian tim verifikasi tingkat kabupaten. Ia memastikan seluruh persyaratan termasuk penyediaan sumber daya manusia teknis di bidang akutansi serta tim IT telah dipersiapkan.

“Kami harus akui, untuk menuju puskesmas dengan status BLUD sejauh ini masih banyak terkendala dengan SDM, terutama ahli akutansi karena prinsip badan layanan umum adalah harus mampu membuat sistem manajemen keuangan yang mandiri,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya