SOLOPOS.COM - Jembatan Suramadu resmi dibuka pada 10 Juni 2009. (Wikipedia.org)

Solopos.com, MADURA — Kenapa Madura sering disebut Mexico telah menjadi pertanyaan sejumlah orang. Jawaban atas pertanyaan itu, ternyata berada pada keberadaan Jembatan Nasional Suramadu yang dinilai mirip dengan Jembatan Golden Gate alias Golden Gate Bridge di Mexico.

Dikutip dari id.quora.com pada Kamis (19/10/2023), Jembatan Suramadu identik dengan Golden Gate. Lantaran hal itulah, kenapa Madura disebut Mexico.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dikutip dari Wikipedia, Pulau Madura merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur laut Pulau Jawa. Pulau Madura terdiri atas empat Kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Jembatan Nasional Suramadu sepanjang 5.438 meter merupakan pintu masuk utama menuju pulau Madura. Selain jalur darat, pulau ini dapat didatangi melalui jalur laut.

Untuk jalur laut bisa dilalui dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya menuju Pelabuhan Kamal di Bangkalan. Alternatif lainnya, melalui Pelabuhan Jangkar di Situbondo menuju Pelabuhan Kalianget di Sumenep yang terletak di ujung timur Pulau Madura.

Terkini, pintu masuk melalui udara juga telah dibuka dengan di resmikannya Bandar Udara Trunojoyo (SUP) oleh presiden Joko Widodo di Kabupaten Sumenep pada 20 April 2022 yang lalu.

Sedangkan Jembatan Golden Gate sepanjang 2.727 meter merupakan sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Jembatan ini menghubungkan Kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California.

Demikian tadi jawaban atas pertanyaan kenapa Madura disebut Mexico. Selain disebut Mexico, Madura juga dikenal sebagai Pulau Garam karena di sini menjadi penghasil garam terbesar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya