SOLOPOS.COM - Ilustrasi sumur dalam (JIBI/Solopos/Dok.)

Kemarau 2015 di Kabupaten Madiun diwarnai rusaknya puluhan sumor pompa dalam.

Madiunpos.com, MADIUN — Puluhan unit sumur pompa dalam yang ada di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur rusak sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi pada musim kemarau 2015 yang berkepanjangan ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Sesuai data, dari 141 sumur pompa dalam yang ada di Kabupaten Madiun sebanyak 30 unit di antaranya tidak dapat difungsikan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Madiun R.M. Hekso Setyo Raharjo kepada wartawan di Madiun, Jawa Timur, Senin (31/8/2015).

Menurut dia, terdapat beberapa alasan sehingga sumur-sumur pompa dalam tersebut tidak dapat difungsikan. Di antaranya, karena memang secara teknis telah rusak ataupun karena kondisi alam.

“Ada beberapa yang memang rusak, namun ada beberapa lainnya yang tidak dapat berfungsi karena debit air yang dihasilkan di musim kemarau ini telah susut,” ucapnya.

Untuk menggantikan puluhan sumur pompa dalam yang rusak pada musim kemarau 2015 ini, Pemkab Madiun melakukan penambahan sumur pompa dalam di sejumlah lokasi yang dinilai sangat rawan kekeringan. “Tahun ini rencananya ada penambahan sumur pompa dalam di tujuh lokasi. Ketujuh lokasi tersebut di antaranya terletak di Kecamatan Balerejo, Wungu, dan Dolopo,” imbuhnya.

Ia menjelaskan sejumlah sumur pompa dalam tersebut sebagian telah dibangun di awal semester APBD tahun angaran 2015 ini, sehingga diharapkan pada musim kemarau saat ini bisa difungsikan untuk kelompok tani. “Kecamatan Balerejo dan Wungu dipilih sebagai pembangunan sumur pompa dalam, karena daerah tersebut rawan terjadi kekeringan. Bahkan di Wungu terdapat sawah tadah hujan yang hanya ditanami saat musim hujan saja,” tambahnya.

Pihaknya berharap dengan penambahan sumur pompa dalam tersebut, dapat meningkatkan sistem pengairan untuk para petani di Kabupaten Madiun serta meningkatkan pula hasil pertanian wilayah setempat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya