SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Ibu Negara Iriana, Menhan Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau gudang munisi pada fasilitas produksi munisi PT Pindad di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Solopos.com, MALANG — Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi fasilitas produksi munisi PT Pindad di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi menaiki kendaraan operasional Maung 4×4 bikinan PT Pindad.

Dikutip dari Antara, Jokowi beserta rombongan berkeliling di kawasan PT Pindad dengan menggunakan Maung 4×4 berwarna hitam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Prabowo mengemudikan kendaraan Maung 4×4 tersebut, dengan Erick Thohir duduk di sebelahnya. Sementara itu, Jokowi dan Iriana berada di kursi bagian belakang.

Menurut spesifikasi umum, Ranops Maung adalah kendaraan taktis ringan 4×4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi jelajah medan sulit dan kendaraan angkut personel, dengan daya tampung empat personel dengan lima pintu.

Dimensi Ranops Maung adalah panjang 4,8 meter; lebar dua meter; tinggi 1,8 meter; dengan wheel base 2,8 meter dan ground clearance 0,3 meter. Kendaraan itu dimotori mesin diesel 1.900 cc berdaya 136 tenaga kuda (HP).

Maung dapat melaju pada kecepatan 120 kilometer per jam dengan aman dan memiliki jarak tempuh hingga 650 kilometer. Suspensi depan Maung menggunakan Independent Coil Spring With Gas Shock Absorber, sedangkan suspensi belakang menggunakan Rigid 5-link Coil Spring With Gas Shock Absorber.

Pindad mengembangkan Maung dengan kustomisasi untuk penggunaan kendaraan operasional presiden dengan menghadirkan fasilitas kenyamanan, keamanan, dan performa andal.

Secara khusus, Pindad juga melakukan kustomisasi untuk menyesuaikan postur tubuh Jokowi supaya menghadirkan eksklusifitas dan memaksimalkan kenyamanan.

Maung yang dinaiki Jokowi itu berwarna hitam doff dengan velg hitam, berbeda dengan varian Maung lain yang dikenalkan dengan warna hijau, biru langit, dan biru tua.

Di bagian dalam, Maung menggunakan jok dengan model captain seat berkapasitas empat personel dan menggunakan bahan premium terbaik. Pada bagian belakang, terdapat dua tempat duduk dengan penyangga kepala berbahan lembut dan empuk serta arm rest.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya