SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas para profesional yang menjadi sukarelawan pengajar Kelas Inspirasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Kelas Inspirasi Pacitan yang pertama mulai membuka pendaftaran calon sukarelawan.

Madiunpos.com, PACITAN — Sukarelawan fasilitator membuka penerimaan sukarelawan pengajar dan dokumenter untuk Kelas Inspirasi (KI) Pacitan #1, Rabu-Kamis (1-30/6/2016). Direncanakan, kegiatan inspirasi dilaksanakan pada Senin (8/8/2016).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seorang sukarelawan fasilitator KI Pacitan #1, Sri Dwi Ratnasari, mengatakan Kelas Inspirasi Pacitan baru kali pertama diselenggarakan pada tahun 2016.

Ia menambahkan KI Pacitan ini menyusul kelas inspirasi yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Ngawi, Madiun, Magetan, dan Ponorogo.

Ratna menyampaikan untuk KI Pacitan #1 dibutuhkan 36 sukarelawan pengajar dan 12 sukarelawan dokumenter. Dia menambahkan KI Pacitan #1 akan diselenggarakan di Kecamatan Sudimoro, Pacitan. Ada enam sekolah dasar yang akan menjadi fokus kelas inspirasi.

“Setiap sekolah setidaknya ada enam sukarelawan pengajar dan dua sukarelawan dokumentasi,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Senin (30/5/2016).

Dia menyampaikan dipilihnya kecamatan Sudimoro sebagai tempat KI Pacitan pertama karena mempertimbangkan lokasi di wilayah itu termasuk daerah pedalaman yang jauh dari perkotaan.

Selain itu, wilayah Sudimoro juga memiliki kondisi geografis yang menarik yaitu berada di pegunungan yang dekat dengan laut selatan.

“Program KI memang selalu menyasar di sekolah yang ada di pedalaman,” kata dia.

Syarat menjadi sukarelawan pengajar KI Pacitan #1 yaitu seorang profesional dari latar belakang apa pun dengan minimal masa kerja dua tahun, bersedia cuti saat kegiatan inspirasi dilaksanakan, dan hadir saat briefing hingga kegiatan refleksi.

Sedangkan untuk sukarelawan dokumentasi yaitu memiliki kamera sendiri, mahasiswa atau profesional, berusia minimal 18 tahun, membawa perlengkapan dokumentasi sendiri, bersedia hadir saat briefing hingga kegiatan refleksi.

“Untuk mendaftar, calon sukarelawan bisa mengakses melalui www.kelasinspirasipacitan.org. Namun, pendaftaran baru bisa diakses mulai tanggal 1 Juni 2016, karena sekalian akan di-launching,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya