SOLOPOS.COM - Bus terjatuh ke sawah setelah tabrakan dengan mobil di Kediri, Jawa Timur. ANTARA / HO-polisi

Solopos.com, KEDIRI — Kecelakaan terjadi antara bus Harapan Jaya dengan mobil Kijang Innova di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota, Kediri, Jawa Timur, Kamis (7/3/2024). Insiden tersebut mengakibatkan 12 orang terluka.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Kediri, AKP Andhini Puspa Nugraha, mengemukakan kejadian berawal saat bus jurusan Surabaya-Trenggalek itu melaju dari arah timur ke barat, pada Kamis dini hari.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Mobil melaju dari arah berlawanan. Saat kejadian, bus kan melaju dari arah barat ke timur. Pengemudi mobil mengambil kemudi terlalu ke kanan, sehingga terjadi kecelakaan,” katanya di Kediri, sebagaimana dilansir Antara.

Ia menambahkan sebelum kejadian sopir bus sudah memberikan sinyal dengan membunyikan klakson berkali-kali. Namun, pengemudi mobil justru semakin ke kanan.

Saat itu, pengemudi bus juga sudah berusaha untuk melakukan pengereman, namun kecelakaan tetap terjadi.

“Dugaan awal pengemudi kendaraan kijang mengantuk karena mengambil kemudi terlalu ke kanan itu. Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) kami temukan bekas pengereman ban untuk bus masih di jalurnya, kanan,” kata dia.

Akibat kejadian itu, 12 orang mengalami luka -luka baik dari penumpang bus maupun mobil. Mereka dibawa ke RS Bhayangkara Kediri serta RS DKT Kota Kediri untuk perawatan lebih lanjut.

Namun, kasatlantas mengatakan sejumlah penumpang memilih untuk pulang. Luka yang mereka derita tidak terlalu parah. Selain itu, rumah mereka juga dekat masih di wilayah Kota Kediri.

“Yang kami data tujuh penumpang bus, tiga awak bus dan dari mobil kijang dua orang yakni pengemudi dan penumpang. Tidak ada yang meninggal dan saat ini masih proses perawatan,” kata dia.

Sementara itu, hingga kini polisi masih menunggu kondisi sopir mobil. Jika kondisinya sudah membaik yang bersangkutan akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas serta memastikan penyebab kecelakaan tersebut.

Untuk mobil bus yang mengalami kecelakaan juga jatuh ke area sawah. Proses evakuasi dilakukan dengan melibatkan mobil derek, sebab tingkat kedalaman sawah juga cukup dalam hingga 6 meter.

Setelah dievakuasi, bus kemudian dibawa ke tempat gudang sambil menunggu berkas kasus tersebut selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya