SOLOPOS.COM - Mobil pemadam kebakaran (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Kebakaran Bojonegoro diatasi dengan penambahan mobil PMK, namun pengadaannya ditunda.

Madiunpos.com, BOJONEGORO – Rencana pembelian tiga unit mobil pemadam kebakaran dan dua mobil tangki serbaguna senilai Rp6 miliar dalam APBD Kabupaten Bojonegoro 2016 ditunda karena adanya penurunan perolehan dana bagi hasil (DBH) migas.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Andik Sudjarwo di Bojonegoro, Kamis (5/5/2016), mengatakan penurunan target penerimaan DBH migas disebabkan menurunnya harga minyak dunia. Akibatnta, sejumlah pos anggaran di APBD 2016, harus dikurangi.

“Salah satu pos anggaran di APBD yang harus dikurangi yaitu rencana pembelian tiga unit mobil pemadam kebakaran dan dua unit mobil tangki air serbaguna,” jelas dia.

Namun demikian, menurut dia, pembelian tiga unit mobil pemadam kebakaran, dan dua unit mobil tangki air serbaguna tetap akan dilakukan dengan mengalokasikan anggaran di dalam APBD Perubahan.

Andik mengungkapkan pembelian tiga unit mobil pemadam kebakaran untuk menunjang keberadaan tiga posko BPBD di Kecamatan Kedungadem/Kepohbaru, Gondang/Sekar, dan Ngambon/Tambakrejo.

Sementara pembelian dua unit mobil tangki air serbaguna untuk menunjang mobil pemadam kebakaran turn table ladder 60 meter merek Iveco Magirus buatan Jerman yang baru dibeli seharga Rp29 miliar.

“Pembelian mobil tangki air serbaguna untuk menunjang mobil pemadam kebakaran turn table ladder 60 meter, yang tidak memiliki tangki air,” jelas dia.

Menurut dia, mobil pemadam kebakaran tersebut teknis operasinya harus memperoleh pasokan air, dengan kemampuan menyemprotkan air sekitar 6.000 liter selama tiga menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya