Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Kapolres Madiun Ingatkan Warga Jangan Perlihatkan PIN ATM pada Siapapun

Kapolres Madiun Ingatkan Warga Jangan Perlihatkan PIN ATM pada Siapapun
author
Rohmah Ermawati Sabtu, 13 April 2019 - 12:40 WIB
share
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono, mengimbau masyarakat Kabupaten Madiun untuk lebih waspada dan berhati-hati saat mengambil uang di ATM. 

“Jangan sampai memperlihatkan pin ATM kepada orang lain,” kata Ruruh Wicaksono kepada wartawan saat rilis kasus penipuan bermodus pengganjalan mesin ATM, Kamis (11/4/2019).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia menyampaikan polisi telah meringkus dua pelaku pencurian bermodus pengganjalan mesin ATM di salah satu ATM di Nglames, Kabupaten Madiun. Dua pelaku yang diringkus yaitu pasangan suami istri asal Bandung, RD dan MJ.

Kapolres menuturkan modus yang dilakukan pelaku yaitu awalnya mengganjal mulut atau bagian masuk kartu ATM dengan korek api. Setelah itu, pelaku menunggu korban datang untuk mengambil uang di ATM tersebut.

Saat ada korban yang masuk ke ATM untuk mengambil uang, pelaku RD masuk ke ruang ATM. Korban yang kebingungan karena kartunya tidak masuk ke mesin. Kemudian pelaku menawarkan bantuan kepada korban.

Dalam kesempatan itu, pelaku menukarkan kartu ATM milik korban dengan kartu ATM yang telah disiapkan pelaku. Kartu ATM tersebut ukurannya lebih kecil sehingga bisa masuk ke mesin.

Kartu ATM palsu yang telah ditukar itu kemudian dimasukkan ke mesin ATM oleh korban. Kartu tersebut kemudian tertelan mesin dan tidak bisa berfungsi.

Saat kondisi itu, pelaku MJ datang ke ruang ATM dan menawarkan pertolongan. Pelaku itu kemudian menyarankan korban untuk menekan tombol tertentu dalam mesin ATM. Hingga akhirnya muncul perintah untuk memasukkan nomor telepon dan memasukkan nomor PIN ATM.

“Saat korban menekan tombol PIN itu, pelaku mencatat secara diam-diam PIN dan mengirimkannya ke pelaku RD. Setelah itu pelaku RD menggasak isi ATM korban,” ujar dia.

Ruruh menyampaikan sebenarnya modus seperti ini sudah ada sejak lama tetapi masyarakat harus tetap mewaspadainya. Karena ternyata masih ada masyarakat yang menjadi korban dengan modus operandi seperti ini.

Pengakuan pelaku, kata Ruruh, mereka mempelajari modus operandi pengganjalan mesin ATM itu dari YouTube. Mereka membutuhkan waktu hanya sekitar sebulan untuk menguasai cara menjalankan aksi kejahatan itu. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Sukses Gelar Media Awards 2024, Dewan Pers Puji Diskominfo Magetan

Sukses Gelar Media Awards 2024, Dewan Pers Puji Diskominfo Magetan
author
Abdul Jalil Sabtu, 27 April 2024 - 16:13 WIB
share
SOLOPOS.COM - Malam penganugerahan Media Award Kabupaten Magetan 2024, Pemilu Damai di Bumi Mageti, Jumat (26/4/2024). (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, MAGETAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magetan sukses menggelar ajang penghargan bagi insan pers bertajuk Media Award Kabupaten Magetan 2024, Pemilu Damai di Bumi Mageti, Jumat (26/4/2024) malam. Kegiatan itu menuai pujian dari Dewan Pers.

Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers, Totok Suryanto lewat video daringnya menyampaikan, langkah Pemkab Magetan dalam mengapresiasi para jurnalis ini diharapkan menjadi pemacu bagi para awak media dalam mengabarkan informasi yang berimbang dari Kabupaten Magetan.  Selain itu, para awak media diharapkan lebih profesional sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Magetan secara khusus.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Selamat dan sukses atas terselenggarnya penghargaan bagi para awak media di Kabupaten Magetan, tentu kegiatan seperti ini bisa menjadi pemacu bagi kita semua untuk memberikan terbaik untuk Magetan,” katanya.

Anggota Dewan Pers periode 2022-2025 yang juga putra daerah Jawa Timur itu juga berharap agar nantinya ajang semacam ini bisa menjadi contoh untuk menghargai dan mengapresiasi kinerja para awak media.

Koran Solopos

“Magetan mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya semangat menjadikan Indonesia lebih baik,” inbuhnya

Sementara itu Penjabat Bupati Magetan, Hergunadi, memberikan selamat bagi para jurnalis yang menjadi pemenang dalam Media Award 2024. Diharapkan setelah adanya apresiasi dan penghargaan ini kinerja jurnalis di Kabupaten Magetan lebih profesional dan berkembang pesat.

“Ini adalah apresiasi pemerintah daerah atas kinerja teman-teman media. Usai Media Award ini, kemampuan teman-teman media bisa meningkat. Sehingga memancing rekan lain agar bersaing secara sehat. Dalam hal prestasi,” kata Hergunadi.

Emagazine Solopos

Hergunadi menambahkan, acara Media Award juga bakal menjadi parameter untuk memfilter tingkat profesionalitas wartawan yang berkarya di Kabupaten Magetan. Diharapkan, oknum yang mengaku wartawan bisa berkurang.

“Yang hanya mengaku wartawan ini berkurang dan bisa berkurang karena sudah ada parameternya,” pungkasnya.

Media Awards 2024 ini merupakan ajang penghargaan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengapresiasi insan jurnalis yang bertugas di Wilayah Kabupaten Magetan.

Interaktif Solopos

Secara khusus ajang itu juga menjadi bentuk terimakasih Pemkab Magetan untuk para jurnalis yang ikut serta mengawasi dan ikut menciptakan suasana aman, tertib , damai kondusif dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden, Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/ Kota dan DPD di Kabupaten Magetan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Bank Mega Syariah Bagi-bagi Hadiah untuk Nasabah, Ada Voucher Umrah

Bank Mega Syariah Bagi-bagi Hadiah untuk Nasabah, Ada Voucher Umrah
author
Rohmah Ermawati Sabtu, 27 April 2024 - 16:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Mega Tbk (MEGA), di Jakarta, beberapa waktu lalu. (Bisnis/Nurul Hidayat)

Solopos.com, SOLO–Untuk mendorong minat masyarakat menggunakan produk dan layanan perbankan syariah, Bank Mega Syariah menyiapkan berbagai hadiah untuk nasabah di tahun ini. Ada logam mulia hingga voucher umrah.

Direktur Utama Bank Mega Syariah, Yuwono Waluyo, menyampaikan hingga Maret 2024, porsi Current Account Saving Account (CASA) terhadap DPK atau dana pihak ketiga di Bank Mega Syariah mencapai 30,97% dari total DPK.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sampai pada akhir tahun 2024, DPK ditargetkan dapat tumbuh 13,63% atau mencapai lebih dari Rp11 triliun. Sedangkan hingga Q1 2024, pencapaian DPK terhadap target 2024 mencapai lebih dari Rp10,6 triliun.

“Kami akan terus fokus pada strategi dana murah dengan senantiasa meningkatkan minat masyarakat dalam pembukaan tabungan di Bank Mega Syariah, melalui berbagai program menarik di antaranya program Berkah Berlimpah Mega Syariah,” jelas Yuwono Waluyo dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (26/4/2024).

Koran Solopos

Disebutkan, pada Kamis (25/4/2024), Bank Mega Syariah telah menggelar pemilihan acak dan pengumuman pemenang program Berkah Berlimpah Mega Syariah (BBM) Tahap Pertama dengan hadiah 30 logam mulia seberat 5 gram, 3 voucher pembelian gadget, dan 2 voucher travel umrah Antavaya.

Hadiah tersebut diberikan kepada nasabah yang beruntung dan telah memenuhi persyaratan program selama periode 1 Januari 2024 – 31 Maret 2024.

Yuwono mengatakan program itu merupakan wujud apresiasi kepada nasabah yang telah setia memilih Bank Mega Syariah untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangannya.

Emagazine Solopos

Berkah Berlimpah Mega Syariah merupakan program berhadiah berbasis poin yang pemenangnya dipilih berdasarkan mekanisme pemilihan acak yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan yang memiliki rekening baik tabungan atau giro dengan akad mudharabah.

Lewat program itu, nasabah berkesempatan meraih berbagai hadiah menarik yang diundi setiap kuartal. Mulai dari voucher umrah/trip senilai Rp30 juta, logam mulia 5 gram, voucher gadget senilai Rp20 juta, hingga grand prize Mobil Hyundai Ioniq 5 dan ratusan hadiah lainnya.

Yuwono berharap program tersebut dapat menambah minat masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan perbankan syariah, khususnya produk dan layanan perbankan dari Bank Mega Syariah.

Interaktif Solopos

Selain itu, program ini merupakan salah satu strategi Bank Mega Syariah untuk mendorong pertumbuhan DPK melalui strategi dana murah.

Sementara itu, Direktur Bisnis Bank Mega Syariah, Rasmoro Pramono Aji, atau yang akrab disapa Oney, mengatakan program Berkah Berlimpah Mega Syariah berlangsung selama periode 1 Januari 2024 hingga 31 Desember 2024.

Pemilihan pemenang akan dilakukan sebanyak lima kali melalui pemilihan acak yang terdiri dari empat kali hadiah tiga bulanan dan satu kali grand prize.



“Untuk para nasabah yang belum mendapatkan hadiah pada hari ini jangan khawatir, karena masih ada banyak kesempatan mendapatkan hadiah di empat tahapan pemilihan acak berikutnya,” jelas Oney.

Dai menambahkan daftar keseluruhan pemenang program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Pertama dapat dilihat di Instagram Bank Mega Syariah @bankmegasyariah atau website resmi Bank Mega Syariah www.megasyariah.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Peringati Hari Tari Sedunia, ISI Solo Gelar 24 Jam Menari Nonstop

Peringati Hari Tari Sedunia, ISI Solo Gelar 24 Jam Menari Nonstop
author
Astrid Prihatini WD Sabtu, 27 April 2024 - 16:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan Ketua Prodi Tari ISI Solo, Dwi Rahmani; Ketua Umum Hari Tari Dunia ISI Solo, F. Hari Mulyatno; dan Kaprodi Koreografi Inkuiri ISI Solo, Eko Supriyanto dalam jumpa pers di Lobby Teater Besar ISI Solo, Jumat (26/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Institut Seni Indonesia (ISI) Solo kembali menggelar World Dance Day 24 Jam Menari di lingkungan kampus setempat, Senin-Selasa (29-30/4/2024). Kegiatan itu dalam rangka merayakan Hari Tari Sedunia.

Ketua Umum Hari Tari Dunia ISI Solo, F. Hari Mulyatno mengatakan pelaksanaan World Dance Day 24 Jam Menari ISI Solo mengambil tema Skena Menari: Bersua, Bercengkrama, Berkelana

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurutnya tema ini terinspirasi dari tren kehidupan anak muda yang melakukan aktivitas skena yaitu bersua, bercengkrama, dan berkelana.  “Pelaksanaan kali ini cukup istimewa karena panggung pertunjukannya menggunakan hampir di semua tempat kampus,” kata dia dalam jumpa pers di Teater Besar ISI Solo, Jumat (26/4/2024).

Dia mengatakan gelaran 24 Jam Menari ISI Solo akan bertempat di halaman rektorat, Pendapa GPH. Djoyo Kusumo, Teater Kecil, Teater Gendon Humardani, dan Teater Kapal kampus setempat.

Koran Solopos

Pelaksanaan World Dance Day 24 Jam Menari ISI Solo ini sudah berjalan 18 tahun. Hari menjelaskan baru tahun ini melibatkan dari komunitas masyarakat yang ikut serta menari.

Terdapat dua aktivitas penting dalam pelaksanaan WDD 24 Jam Menari yaitu Skena dan Festival. Skena yang dimaksud adalah menjadi tempat bertemu bagi para seniman tari dari seluruh Indonesia.

Sementara Festival adalah gelar karya atau penampilan dari insan tari dari berbagai daerah di Indonesia. Harapannya gelaran ini menjadi tempat bagi masyarakat untuk mengapresiasi kesenian tari.

Emagazine Solopos

Acara akan dimulai dari Senin Senin (29/4/2024) pukul 06.00 WIB dan berakhir pada Selasa (29-30/4/2024) pukul 06.00 WIB. Secara garis besar rangkaian acara World Dance Day 24 Jam Menari ISI Solo akan dibuka dengan Orasi Budaya oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemenristekdikti, Hilmar Farid.

Lalu penampilan Panggung Skenna yang meliputi Gendon Legacy, Kid Dancing, Contemporer, International, Folk Dance, dan Disable Dancing.  Dalam pertunjukan Festival juga akan tampil dari Keraton yakni Kasultanan Yogyakarta, Pura Paku Alaman, dan Pura Mangkunegaran. 

Lalu penari yang menari nonstop selama 24 Jam yakni Jarot Budi (Solo), Hanna Sulisyia (Bandung), Adi Putra (Jombang), Tonny Broer (Bandung), Ni Nyoman Yuliarmaheni (Solo), M. Safrizal (Aceh), Tyoba Armey (Bandung), dan Yuliana Meneses Orduno (Mexiko).

Pada WDD Th 2024 juga tampil pemusik nonstop selama 24 jam yaitu Nur Handayani (Solo), Misbahidun (Makassar), dan R. Choirul Slamet (Yogyakarta). 

Interaktif Solopos

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan pentas closing di Teater Kapal Kampus ISI Solo.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN