SOLOPOS.COM - Calon penumpang kapal jurusan Kepulauan Sumenep, Madura, Jatim, Rabu (4/1/2023) tertahan di lokasi penampungan Kalianget Sumenep, akibat cuaca buruk. (FOTO ANTARA/HO-Kominfo Sumenep)

Solopos.com, SUMENEP — Kapal yang hendak membawa penumpang menuju kepulauan Sumenep, Jawa Timur, tidak bisa berlayar akibat cuaca buruk. Akibatnya, sebanyak 170 orang calon penumpang pun tidak bisa berlayar dan harus tertahan di Kantor Pelindo III Kalianget.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kalianget Sumenep Taufikur Rahman, mengatakan kapal menuju kepulauan tidka bisa berlayar karena kini sedang cuaca ekstrem.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Calon penumpang yang tertahan ini yang hendak menyeberang ke berbagai tujuan ke Kepulauan di Madura seperti Pulau Raas, Kangean, Sapekan, dan Masalembu,” kata dia, Rabu (4/1/2023).

Dia menuturkan kebijakan Pelindo tidak memberangkatkan kapal menuju Kepulauan Sumenep itu mengacu kepada rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Dalam rilis itu disebutkan bahwa cuaca ekstrem berupa angin kencang dan ombak besar belum aman untuk pelayaran,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, terhitung sejak 22 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023 tidak berlayar.

“Awalnya, kami diimbau hingga 4 Januari 2023, akan tetapi pada rilis terakhir kami disarankan hingga 7 Januari 2023,” katanya.

Dia menuturkan saat ini para calon penumpang kapal itu ditampung di kantor Pelindo III Kalianget. Para calon penumpang pun mendapatkan bantuan berupa makanan dan minuman dari Dinas Sosial Pemkab Sumenep tiga kali sehari.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemkab Sumenep Ach Dzukarnaen, selain membantu makanan, pihaknya juga menyediakan kasus tidur lipat, tikar dan bantal.

“Pemkab Sumenep berupaya maksimal memberikan bantuan kepada calon penumpang kapal, hingga mereka bisa berlayar dan cuaca kembali normal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya