SOLOPOS.COM - Sejumlah ABK terdampak kebakaran KM Maju Setia yang terjadi di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Samudera Hindia di selatan Kabupaten Malang, saat mendapatkan perawatan tenaga medis di Pelabuhan Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Polres Malang

Solopos.com, MALANG — Kapal Motor (KM) Maju Setia 22 yang berangkat dari perairan Cilacap mengalami kebakaran di perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Samudra Hindia pada Selasa (13/6/2023). Belasan anak buah kapal (ABK) di kapal tersebut kemudian dievakuasi ke Pelabuhan Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Koordinator Tim Operasi Basarnas Surabaya, Ainul Makhdi, mengatakan hingga saat ini ada sebanyak 15 ABK yang telah berada di kawasan Pelabuhan Sendang Biru, dari total 27 orang yang berada dalam manifes kapal nelayan tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Saat ini, untuk 15 orang ABK yang selamat berada di Wisma Dinas Perikanan, di Sendang Biru,” kata Ainul yang dikutip dari Antara.

Dia menyampaikan Basarnas Surabaya menerima laporan dari SAR Cilacap terkait adanya kebakaran pada KM Maju Setia yang berada di posisi Lintang Selatan 09°30’00” Bujur Timur 112°,12’00”.

Menurutnya, proses evakuasi ABK tersebut sudah dilakukan sejak Selasa (13/6/2023) secara bertahap. Pada tahap pertama, sebanyak tujuh ABK tiba di Pelabuhan Sendang Biru pada Rabu (14/6/2023) sekitar pukul 05.30 WIB menggunakan KM Abimanyu 01.

Kemudian, sebanyak delapan ABK lainnya dievakuasi menggunakan KM Tunggal Jaya 03, yang tiba di Pelabuhan Sendang Biru kurang lebih pukul 06.58 WIB. Tahap berikutnya, ada lima ABK yang menggunakan KM Nabila 08 dan diperkirakan tiba pada pukul 00.00 WIB, Rabu (14/6/2023) atau Kamis (15/6/2023)dini hari.

“Sementara sisa tujuh ABK, masih berada di kapal yang mengalami insiden, sambil menunggu kapal bantuan untuk ditarik ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima oleh Basarnas Surabaya, seluruh ABK KM Maju Setia tersebut dalam keadaan selamat. ABK yang berada di Pelabuhan Sendang Biru, mendapatkan perawatan di Puskesmas setempat.

“ABK selamat semua,” ujarnya.

Kapal pencari ikan KM Maju Setia berangkat dari perairan Cilacap pada tanggal 3 Juni 2023. Kapal tersebut kemudian dilaporkan mengalami kebakaran di kawasan perairan Samudera Hindia pada Selasa (13/6/2023) pukul 05.30 WIB.

Para ABK telah berupaya untuk memadamkan api, namun karena api berkobar dan membesar, sejumlah ABK memutuskan untuk meninggalkan kapal dengan terjun ke laut. Kapten kapal sebelumnya telah meminta bantuan kepada kapal terdekat untuk evakuasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya