SOLOPOS.COM - Sejumlah pesilat menabur bunga dan berdoa di pusara Ketua Dewan Pembina Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun, KRT Tarmadji Boedi Harsono di kompleks Padepokan Pencak Silat PSHT, Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Kabar duka meninggal dunianya Tarmadji Budi Harsono menebar duka cita ke lingkungan dunia persilatan Tanah Air.

Madiunpos.com, MADIUN — Kabar duka tutup usianya Ketua Dewan Pembina Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat, Madiun, K.R.T. Tarmadji Budi Harsono, bukan hanya menebar duka cita di lingkungan perguruan pencak silat itu. Duka cita juga menyeruak lebar ke lingkungan dunia persilatan Tanah Air.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seperti diberitakan Madiunpos.com, Tarmadji meninggal dunia pada Selasa (20/10/2015) sekitar pukul 09.30 WIB karena mengalami serangan jantung. Pria 69 tahun yang dikenal para warga Terate—sebutan anggota PSHT—sebagai sosok yang kalem dan berwibawa itu juga menjabat sebagai Ketua Paguyuban Pencak Silat Madiun.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Madiun, Moerjoko, menyatakan kabar duka meninggalnya Tarmadji membawa duka mendalam di dunia persilatan Tanah Air, terlebih Madiun.  Sebagai pimpinan tertinggi perguruan pencak silat terbesar di Indonesia, katanya, Tarmadji selalu meminta warga Terate untuk menjaga nilai-nilai Persaudaraan Setia Hati yang berjiwa pendekar dan melindungi kaum lemah.

“Almarhum cukup berjasa di dunia persilatan Madiun. Selain mengembangkan PSHT, almarhum juga berperan besar pada pembentukan Paguyuban Pencak Silat Madiun untuk memujudkan Madiun sebagai kampung pesilat yang bebas bentrok, tawuran, dan damai,” katanya.

Sesuai permintaan almarhum semasa hidup, keluarga, dan warga Terate, jenazah dimakamkan di belakang masjid kompleks Padepokan PSHT yang berlokasi di Jl. Merak, Kelurahan Nambangan Kidul, Kota Madiun. “Saya sudah jadi warga Terate sejak tahun 1993. Saya ingat sekali kenangan bersama beliau saat pengesahan warga PSHT baru atau sah-sahan. Beliau selalu meminta kami menjaga jati diri pendekar menjadi pesilat yang profesional,” ungkap seorang pesilat asal Madiun, Lestari.

Ribuan pesilat anggota PSHT memadati kompleks Padepokan PSHT di Kelurahan Nambangan Kidul kala jenazah Tarmadji dimakamkan. Para insan persilatan Madiun itu ingin memberikan penghormatan terakhir kepada pimpinan mereka. Proses pemakaman almarhum Tarmadji Budi Harsono mendapat pengamanan ketat dari anggota Polresta Madiun.

Selain berkiprah di dunia persilatan, Tarmadji juga aktif berpolitik. Ia pernah menjadi anggota DPRD Kota Madiun dan Ketua DPRD Kota Madiun dari Partai Golkar.

 

KLIK DI SINI untuk Kisah Hidup Tarmadji Boedi Harsono

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ramai & Rawan Kecelakaan, Perlintasan KA di Boto Klaten Diusulkan Diberi Palang

Ramai & Rawan Kecelakaan, Perlintasan KA di Boto Klaten Diusulkan Diberi Palang
author
Suharsih Kamis, 2 Mei 2024 - 18:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga menyeberang di perlintasan tanpa palang Dukuh Bakalan, Desa Boto, Kecamatan Wonosari, Klaten, Rabu (1/5/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Perlintasan sebidang kereta api atau KA tanpa palang pintu di Dukuh Bakalan, Desa Boto, Wonosari, menjadi salah satu perlintasan yang ramai dan rawan kecelakaan di Klaten. Terakhir kecelakaan KA dengan mobil terjadi di perlintasan tersebut pada Rabu (1/5/2024) siang.

Akibat kecelakaan itu, satu orang penumpang mobil meninggal dunia dan satu orang lainnya luka dan dalam kondisi kritis di rumah sakit. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, perlintasan itu berada di jalur yang menjadi penghubung antarkampung di Desa Boto.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tak hanya penghubung antarkampung, jalur itu juga menjadi akses alternatif warga dari Delanggu yang hendak ke Wonosari terutama ketika jalan Pakis-Daleman padat. Pada jam-jam tertentu, ada warga setempat yang berjaga di perlintasan tanpa palang tersebut.

Warga tersebut, Sunaryo, 61, selalu stand by menjaga perlintasan tanpa palang tersebut saat hari kerja. Tugas utamanya menyeberangkan anak-anak SDN 3 Boto yang rumahnya berada di barat rel menuju sekolah yang berada di sisi timur. Selain itu, dia juga memberikan aba-aba bagi warga yang hendak menyeberang perlintasan tersebut.

Koran Solopos

“Sudah dua tahun ini. Dulu karena ada permintaan dari kepala sekolah karena siswanya ada yang rumahnya di sisi barat rel,” kata Sunaryo yang juga petugas Linmas Desa Boto saat ditemui Solopos.com di sekitar perlintasan tanpa palang pintu itu, Rabu (1/5/2024).

Sunaryo biasa menjaga perlintasan tanpa palang di Boto, Wonosari, Klaten, itu saban pagi ketika hari kerja antara pukul 06.00 WIB-08.00 WIB dengan tugas utama menyeberangkan anak-anak sekolah. Sunaryo kembali menjaga perlintasan itu mulai pukul 11.00 WIB hingga seluruh siswa pulang.

Dijaga Hanya pada Momen Tertentu

Dia menjelaskan perlintasan itu tak hanya menjadi akses warga setempat maupun penyeberangan anak sekolah. Warga dari luar wilayah pun menjadikan jalur tersebut sebagai akses alternatif, terutama para pekerja pabrik maupun warga dari luar daerah, ketika arus lalu lintas di wilayah Delanggu maupun ruas Pakis-Daleman padat.

Emagazine Solopos

Sunaryo mengatakan perlintasan itu saat ini tidak dijaga selama 24 jam. Hanya pada momen-momen tertentu. Selain dia yang berjaga untuk menyeberangkan anak sekolah, pada momen Lebaran maupun Natal, ada petugas Linmas setempat yang berjaga.

Dia berharap perlintasan itu segera dilengkapi palang pintu dan ada petugas jaga. Hal itu karena perlintasan itu ramai dan cukup rawan kecelakaan terutama ketika ada warga dari luar wilayah yang baru kali pertama melintas.

Warga lainnya, Ngatmi, 43, juga berharap perlintasan itu bisa segera dilengkapi palang pintu. Dia menjelaskan perlintasan itu berada di jalur alternatif yang banyak dimanfaatkan warga terutama pengendara sepeda motor.

Interaktif Solopos

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, menjelaskan Pemkab sudah mengajukan izin ke PT KAI untuk menambah palang pintu di perlintasan sebidang Desa Boto, Wonosari, Klaten, tersebut. Pengajuan izin itu sudah disampaikan pemkab pada Februari 2024.

Namun, Dishub belum bisa memasang palang pintu lantaran belum mendapatkan lampu hijau alias izin dari PT KAI. “Setelah nanti ada perizinan, kami baru berani memasang palang pintu beserta fasilitas pelengkapnya sesuai standar,” kata Supriyono.

Kini, menyusul terjadinya kecelakaan antara KA dengan mobil di perlintasan tanpa palang di Desa Boto, Dishub Klaten segera berkomunikasi lagi dengan PT KAI dan berharap perizinan bisa segera diterbitkan. “Tanpa izin, kami belum bisa mengerjakan [pemasangan palang pintu],” ungkap dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

AFC Ralat Pernyataan, Justin Hubner Dipastikan Bisa Main Lawan Irak

AFC Ralat Pernyataan, Justin Hubner Dipastikan Bisa Main Lawan Irak
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Kamis, 2 Mei 2024 - 18:07 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pemain belakang Timnas Indonesia, Justin Hubner. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Pemain andalan Timnas U-23 Justin Hubner dipastikan bisa bermain lawan Irak dalam perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Pasalnya, kartu kuning yang didapatkan Hubner di babak fase grup kontra Yordania sudah diputihkan sehingga ia tidak terkena akumulasi kartu yang harus membuatnya absen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di situs resminya menulis dua pemain Indonesia yakni Rizky Ridho dan Justin Hubner absen lawan Irak.

Rizky mendapat kartu merah di babak semifinal kontra Uzbekistan sedangkan Justin Hubner mendapat akumulasi kartu.

Koran Solopos

“Mantan pelatih Korea [Shin Tae Yong], yang sudah menciptakan sejarah dengan membawa tim debutan [Indonesia] hingga ke titik ini, harus menghadapi absennya bek tengah Rizky Ridho yang merupakan kapten tim dan Justin Hubner, yang merupakan kunci dari formasi tiga pemain bertahan,” tulis AFC.

Setelah rilis AFC viral di media sosial, pernyataan itu akhirnya diralat sehingga hanya Rizky Ridho yang tak bisa bermain nanti malam.

Sesuai regulasi turnamen Piala Asia U-23 2024, kartu kuning yang didapatkan di fase grup dan perempatfinal diputihkan saat laga semifinal dan final.

“Setiap pemain yang berpartisipasi atau ofisial yang berpartisipasi dalam babak grup dan perempatfinal yang hanya menerima satu (1) peringatan [kartu kuning] tidak akan membawa peringatan tersebut ke semifinal,” bunyi regulasi Piala Asia U-23 2024 pasal 54.1.4.

Habis-habisan

Bek kanan Ilham Rio Fahmi menegaskan ia dan rekan-rekannya ingin menebus permainan buruk saat menghadapi Uzbekistan, dengan bermain habis-habisan menghadapi Irak, Kamis (2/4/2024) malam ini demi meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Laga perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 melawan Irak digelar mulai pukul 22.30 WIB.

Emagazine Solopos

“Kami berjanji kepada masyarakat bisa menang besok. Saya juga yakin kami semua sudah berkembang bagus karena sering berlatih bersama,” ucap Rio Fahmi dalam konferensi pers sebelum pertandingan, seperti dikutip Solopos.com dari video streaming, Kamis.

Pemain Persija Jakarta itu ingin bisa membuat bangga Indonesia dengan merebut tiket Olimpiade.

Jika itu terjadi, ia bakal menjadi bagian sejarah Indonesia yang menunggu selama 68 untuk bisa berlaga di olimpiade.

Sebelumnya, sepak bola Indonesia pernah ikut olimpiade di Melbourne, Australia pada tahun 1956 silam.

“Jika kami lolos ke Olimpiade, kami tentu saja bisa membuat masyarakat Indonesia bangga, dan ini juga jadi sejarah bagi Indonesia. Untuk laga besok, saya sudah mempersiapkan diri, bagaimana saya bisa memberikan yang terbaik, pelatih juga sudah memberikan saya menit bermain, dan saya tidak ingin tampil buruk seusai diberi kepercayaan oleh pelatih, jadi saya akan memberikan yang terbaik di lapangan sehingga bisa membantu rekan-rekan saya dan membuat masyarakat bangga. Insya Allah,” ujar pesepak bola asal Banjarnegara, Jawa Tengah itu.

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U23: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Justin Hubner, Nathan Tjoe A On, Rio Fahmi, Ivar Jenner, Arhan Pratama, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Rafael Struick Timnas

Head to head Irak Vs Indonesia:

1. Kualifikasi Olimpiade 1968-16 Januari 1968, Indonesia 2-1 Irak

Interaktif Solopos

2. Kualifikasi Olimpiade 1968-22 Januari 1968, Indonesia 1-1 Irak

3. Kualifikasi Piala Dunia 1974-16 Maret 1973 Indonesia 1-1 Irak

4. Kualifikasi Piala Dunia 1974-21 Maret 1973, Indonesia 2-3 Irak

5. Merdeka Tournament Juli 1977, Indonesia 0-2 Irak

6. Merdeka Tournament Juli 1978, Indonesia 0-4 Irak

7. Laga Persahabatan 23 November 1996, Irak 4-0 Indonesia

8. Piala Kemerdekaan 1 September 2000, Indonesia 0-0 Irak



9. Piala Kemerdekaan 2 September 2000, Indonesia 3-0 Irak

10. Kualifikasi Piala Asia 2015-6 Februari 2013, Irak 1-0 Indonesia

11. Kualifikasi Piala Asia 2015-19 November 2013, Indonesia 0-2 Irak

12. Kualifikasi Piala Dunia 2026-16 November Irak 5-1 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024
author
Anik Sulistyawati Kamis, 2 Mei 2024 - 18:07 WIB
share
SOLOPOS.COM - BRI memperoleh peringkat pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Upaya BRI dalam mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah mendapatkan apresiasi dalam survei “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024”.

BRI memperoleh peringkat pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Survei yang dilakukan oleh lembaga riset MRI bekerjasama dengan Majalah Infobank ini menunjukkan peningkatan kinerja pada sejumlah aspek produk dan layanan BRI khususnya sisi digital channel.

Pada sisi Mobile Banking Bank, secara overall score BRI meningkat 2,65 poin dan naik 3 peringkat daritahunlalu, menjadikan BRImo sebagai Mobile Banking terbaik versi penilaian MRI dan menduduki peringkat 1 di tahun 2024.

Koran Solopos

Selain itu, Chatbot BRI “Sabrina” juga menyabet predikat Performa Terbaik Chatbot Bank, dengan peningkatanscore signifikan sebesar 16,28 poin dari tahun lalu menjadikan Sabrina Chatbot meraih peringkat 1 di tahun 2024.

Saat ini, super apps BRImo dapat memberikan berbagai layanan keuangan yang dapat diakses nasabah, mulai dari tabungan, investasi, asuransi, hingga fasilitas untuk menjadi merchant BRI. Nasabah juga sangat mudah untuk berinvestasi melalui BRImo, mulai dari pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, hingga pembukaan Deposito. Terlebih dengan dorongan untuk lebih pada beyond banking service, sangat diharapkan hari-hari nasabah akan selalu ditemani layanan BRImo.

Chatbot BRI Sabrina juga telah dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence yang lebih human-like untuk berinteraksi dengan nasabah layaknya manusia.

Emagazine Solopos

Nasabah dapat menyapa dan berbincang dengan Sabrina terkait produk dan layanan BRI, seperti informasi lokasi kantor, ATM BRI, AgenBRILink, dan lokasi merchant BRI terdekat, serta mendapatkan informasi promo BRI, cek saldo, mutasi rekening, hingga membantu mengatasi kendala transaksi nasabah.

Selain itu, Sabrina telah menggunakan teknologi Large Language Model (LLM) yang dapat meningkatkan pemahaman berbagai pertanyaan dan situasi yang dihadapi sehingga mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan dengan berbagai bahasa daerah Indonesia, sepertibahasa Jawa, Sunda, Padang, dan sebagainya.

Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa perseroan senantiasa berupaya menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan di masyarakat.

Interaktif Solopos

Pencapaian tersebut menjadi motivasi lebih bagi perseroan untuk terus memberikan layanan yang melebihi harapan nasabah.

“Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience nasabah di semua touch points,” ujar Andrijanto dalam keterangan tertulis.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories