SOLOPOS.COM - Bupati Magetan Suprawoto didampingi pimpinan Kemenag Magetan meresmikan Desa Puntukdoro sebagai kampung moderasi beragama di Pendopo Balai Desa Puntukdoro, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jatim, Kamis (15/6/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Magetan

Solopos.com, MAGETAN — Saat ini di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, memiliki Kampung Moderasi Beragama. Keberadaan kampung ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa saling menghargai dan menjunjung toleransi demi merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kampung Moderasi Beragama ini berada di Desa Puntukdoro, Kecamatan Plaosan. Kampung ini merupakan bindaan Penyuluh Agama Islam dari Kantor Kementerian Agama Magetan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Dengan diluncurkannya Desa Puntukdoro jadi Kampung Moderasi Beragama, saya berharap desa-desa lain di wilayah Magetan ikut andil dalam program ini,” kata Bupati Magetan Suprawoto saat peluncuran di Pendopo Balai Desa Puntukdoro, Kamis (15/6/2023).

Bupati menyambut baik kehadiran Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Magetan. Menurut dia, kampung moderasi ini bisa menjadi wadah untuk menyatukan berbagai perbedaan dalam hal agama atau kepercayaan. Selain itu juga bisa menumbuhkan rasa saling menghargai dan menjunjung toleransi demi merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan, Taufikqurohman, mengatakan Kampung Moderasi Beragama adalah model kampung (dalam lingkup RT, RW, atau kelurahan/desa) yang masyarakatnya berbeda-beda terutama dari aspek kepercayaan, keyakinan, agama, ras, atau lainnya dengan penuh kesadaran menerima perbedaan tersebut karena pemahaman terhadap keagamaannya yang moderat.

Dia berharap dengan pemahaman tersebut dapat memberikan kemaslahatan diri, lingkungan, masyarakat, bangsa, dan negara, sehingga tercipta kerukunan, toleransi dan harmonis.

“Kami berharap dukungan dari Pemkab Magetan atas adanya kampung moderasi beragama ini agar masyarakat daerah kita sejahtera lahir batin,” kata Taufikqurohman yang dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya Kampung Moderasi Beragama akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang ada di desa setempat dan juga Kabupaten Magetan.

“Tentunya kegiatan perwujudan kampung moderasi beragama itu tidak saja hanya serimonial semata, tetapi akan diikuti dengan berbagai kegiatan lain yang berhubungan dengan moderasi dan toleransi beragama,” katanya.

Sementara, kegiatan peluncuran kampung moderasi beragama tersebut dihadiri Forkopimda Magetan, tokoh agama yang tergabung dalam FKUB Magetan, kepala OPD terkait, Camat, dan Kepala Desa se-Kecamatan Plaosan, serta perwakilan masyarakat Desa Puntukdoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya