SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). (unusa.ac.id) 

Solopos.com, SURABAYA — Dua perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur masuk dalam peringkat 10 besar sebagai kampus PTS terbaik se-Indonesia versi lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometric). Bahkan salah satunya masuk dalam lima besar kampus swasta terbaik se-Indonesia.

Dua kampus swasta tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Uniersitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). UMM berada di peringkat empat, sedangkan Unusa berada di posisi sembilan sebagai kampus swasta terbaik se-Indonesia menurut Webometric. Peringkatan kampus ini baru dikeluarkan Webometric pada Juli 2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Asisten Rektor Bidang Akreditasi Internasional dan Pemeringkatan UMM, Suparto, mengatakan Webomatric bukan sekadar anga, tetapi mencerminkan kondisi dan kualitas masing-masing kampus.

“Pemeirngkatan ini tidak hanya melihat website. Datanya memang diambil dari web, tapi ada beragam aspek yang dinilai. Lagipula, situs kampus tidak akan bisa berbunyi jika tak ada kegiatan apik yang senantiasa diselenggarakan oleh kampus,” kata dia yang dikutip dari umm.ac.id, Senin (31/7/2023).

Suparto menuturkan pada periode ini peringkat UMM naik dibandingkan pada periode Januari 2023. Artinya, kata dia, ada peningkatan kualitas yang sudah diupayakan oleh UMM. Ada tiga aspek penting yang dilihat, yaitu impact, transparancy, dan excellence.

Dia menjelaskan aspek penilaian impact ini memiliki porsi yang paling besar, yaitu mencapai 50 persen. Webometric melihat seberapa banyak traffic yang berlalu lalang di situs UMM.

Selanjutnya, transparancy lebih fokus pada seberapa banyak sitasi dosen yang diakses. Bidang ini memiliki porsi sebesar 10 persen. Sedangkan aspek excellence yakni melihat seberapa baik dan banyak kualitas jurnal-jurnal UMM.

Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan, mengatakan selain berada di posisi sembilan sebagai kampus swasta terbaik, Unusa juga berada di peringkat 38 dari PTN/PTS terbaik pada 2023 versi Webometric. Peringkat Unusa pada Juli 2023 ini naik tajam dibandingkan pada periode pemeringkatan sebelumnya. Pada Juli 2022 dan Januari 2023, Unusa masing-masing menempati peringkat 119 dan 106 dari PTN/PTS terbaik se-Indonesia.

Dia menyebut ada tiga penilaian yang digunakan dalam pemeringkatan Webometric, yaitu excellence, impact, dan openness.

Impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luas. Openness dinilai dari jumlah file berbagai jenis yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Sedangkan excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah.

“Tujuan dari pemeringkatan tersebut untuk mempromosikan publikasi, keterbukaan akses, akses ilmiah, dan materi akademis lainnya,” kata dia yang dikutip dari unusa.ac.id, Senin.

Kacung mengajak seluruh sivitas aakdemika Unusa untuk dapat menjadikan capaian ini sebagai motivasi untuk terus berbenah dna melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka meraih peringkat yang semakin baik.

“Webometric ini merupakan sistem pemeringkatan internasional yang menilai dampak konten website dan publikasi penelitian pada perguruan tinggi di dunia. Penilaian tersebut berguna untuk menyebarluakan akses pengetahuan yang dihasilkan oleh Unusa. Tetapi yang paling penting adalah Unusa terus memperbaiki diri,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya