SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanggulangan tanah longsor. (JIBI/Solopos/Antara)

Satu korban longsor jember ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Madiunpos.com JEMBER — Tim SAR gabungan, Rabu (18/10/2017), menemukan satu jenazah dari tiga korban tertimbun tanah longsor di lokasi bencana Desa Jambesari, Kabupaten Jember.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tiga korban yang merupakan satu keluarga tertimbun longsor akibat hujan deras yang mengguyur lereng Pegunungan Argopuro dan menerjang kawasan perkebunan di Desa Jambesari pada Senin (16/10/2017) malam.

“Jenazah yang ditemukan diduga adalah anaknya yang bernama Faris, 5, sedangkan bapaknya Syaiful, 27, dan ibunya Yana, 25, masih belum ditemukan,” kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di sela-sela proses pencarian korban di Desa Jambesari, Rabu.

Pelaksana tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Widi Prasetyo mengatakan pencarian tiga korban yang tertimbun longsor dilakukan dengan mengerahkan unit pemadam kebakaran, alat berat, hingga anjing pelacak untuk mempercepat penemuan tiga korban yang tertimbun longsor.

“Mobil pemadam kebakaran didatangkan dari Kalisat karena ukurannya yang bisa menjangkau lokasi longsor, sedangkan alat berat yang digunakan untuk mencari korban tertimbun longsor didatangkan dari Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air,” tuturnya.

Ia mengatakan proses pencarian akan dilakukan semaksimal mungkin dengan menggunakan alat berat atau dengan cara manual, serta anjing pelacak untuk menemukan dua korban lagi yang masih belum ditemukan.

“Kami berharap dua korban lagi bisa segera ditemukan karena hujan masih mengguyur lokasi bencana dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan, sehingga dapat menjadi kendala dalam pencarian korban,” katanya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan, sebanyak 47 jiwa dari 12 kepala keluarga yang rumahnya dekat dengan tebing untuk sementara waktu diimbau untuk mengungsi ke posko Balai Desa Jambesari atau rumah sanak saudaranya yang aman dari potensi longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya