SOLOPOS.COM - Petugas Klenteng Hwie Ming Miau Tri Darma yang berada di Jl Yos Sudarso Kelurahan Kebun Agung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan membersihkan dan menata tempat ibadahnya, Kamis (8/2/2024). (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com,MAGETAN – Jelang perayaan Tahun Baru Imlek berbagai persiapan dilakukan pemeluk agama Konghucu di Kabupaten Magetan.

Salah satu persiapan terlihat di Klenteng Hwie Ming Miau Tri Dharma yang berada di Jl. Yos Sudarso Kelurahan Kebun Agung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Kamis (8/2/2024).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Klenteng Hwie Ming Miau Tri Darma itu merupakan klenteng terbesar di Kabupaten Magetan. Klenteng tersebut selalu ramai digunakan beribadah oleh umat Tri Dharma di Kabupaten Magetan dan sekitarnya.

Terlihat pengurus klenteng mulai menata dan membersihkan semua sarana ibadah, seperti membersihkan tempat dupa, patung dewa, ketongan sarana ibadah, dan mempersiapkan peralatan ibadah lain yang digunakan saat perayaan imlek tanggal 10 mendatang.

Pengurus Klenteng Hwie Ming Miau Tri Darma Magetan, Jeremy Santoso Wiguna, mengatakan, kegiatan bersih-bersih itu dilakukan setiap tahun menjelang perayaan Imlek. Hal itu dilakukan agar saat perayaan Imlek nanti nyaman digunakan untuk beribadah.

“Kami bersih-bersih tempat ibadah ini dalam rangka menyambut Imlek, selain juga bermakna untuk membersihkan hati menjelang hari raya,” katanya, Kamis.

Jeremy menambahkan tahun ini yang merupakan Shio Dewa Naga berarti kepemimpinan yang taat, patuh demi kemakmuran rakyatnya.

Ia berharap dengan perayaan Imlek menjadi sarana kerukunan antar umat beragama dan warga secara keseluruhan di dunia.

“Tahun ini termasuk tahun Dewa Naga. Menurut saya naga itu melambangkan kepemimpinan yang tersohor atau yang utama,” jelasnya.

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting masyarakat Tionghoa. Perayaan Tahun Baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

“Tahun Baru Imlek ini salah satu adat istiadat warga Tionghoa, bukan hanya pemeluk agama Konghucu saja,” tandasnya.

Perayaan Umlek tahun ini bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu 2024. Diharapkan proses pemilu bisa terlaksana dengan baik sehingga akan melahirkan pemimpin yang bisa diharapkan masyarakat sehingga sesuai dengan shio tahun ini yaitu Dewa Naga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya