SOLOPOS.COM - Kue manco. (Perpus.jatengprov.go.id)

Solopos.com, MADIUN — Penjualan kue manco yang menjadi jajanan khas Madiun, Jatim meningkat pesat menjelang Lebaran 2023. Kue manco yang dilapisi gula merah terkenal memiliki rasa renyah dan legit.

Salah seorang perajin kue manco di Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Sumarlan, mengatakan pesanan kue manco mulai naik sejak menjelang Ramadan 2023. Selain di kawasan Madiun, pesanan juga berasal dari Magetan, Solo, Yogyakarta, bahkan hingga beberapa kota di luar Pulau Jawa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mayoritas, pesanan itu untuk memenuhi toko oleh-oleh yang ada di wilayah eks-Karesidenan Madiun dan luar kota. Harga kue manco di pasaran berkisar Rp6.000 hingga Rp20.000. Hal itu tergantung dari ukuran masing-masing kemasan.

“Di hari biasa, kami produksi sekitar 13-14 kilogram tepung ketan per hari. Sedangkan untuk memenuhi permintaan selama puasa dan menjelang lebaran ini, produksi naik menjadi 20 kilogram tepung ketan. Guna menyelesaikan pesanan yang meningkat, kami juga menambah pekerja lepas,” kata Sumarlan seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/4/2023).

Sumarlan mengatakan kerajinan membuat kue manco tersebut telah ditekuninya sejak puluhan tahun lalu. Resep pembuatannya diperoleh secara turun temurun dari leluhur dan masih terjaga. Kue manco memiliki rasa manis dan gurih dengan aneka variasi topping, seperti wijen, kacang tanah, dan beras jipang.

“Semoga industri rumah tangga ini dapat bertahan dan terus berkembang setelah sebelumnya lesu akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Tambakmas, Sugeng Wibowo, menyebutkan di desanya terdapat 30 UMKM kue manco dengan tenaga kerja dari wilayah sekitar. Kue manco merupakan jajanan khas di daerah setempat yang mengalami puncak penjualan saat momen Lebaran seperti sekarang ini.

Pemdes Tambakmas turut mempromosikan jajanan khas itu, salah satunya menggelar gelaran tahunan bertajuk Festival Kue Manco setiap Agustus. Di mana kue manco dibentuk gunungan kemudian dikirab keliling desa dan dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Bupati Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya