SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Madiun memeriksa kesehatan ternak sapi dan kambing di Pasar Hewan Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Madiun, Jatim. (ANTARA/Louis Rika).

Solopos.com, MADIUN – Menjelang perayaan Iduladha 1445 Hijriah, petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual pedagang di pasar hewan setempat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan sapi dan kembing yang dijual pedagang layak disembelih.

Dikutip dari Antara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Madiun, Paryoto, mengatakan pemeriksaan ini mulai digencarkan untuk memastikan ternak sapi dan kambing yang dijual dan akan digunakan berkurban dalam kondisi layak dan sehat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia menyampaikan untuk lokasi pemeriksaan hewan kurban itu dilakukan di pasar hewan yang ada di Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Cek kesehatan hewan tersebut dilakukan rutin dan diagendakan intensif selama beberapa hari menjelang Iduladha.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) serta LSD.

“Meski tidak ditemukan hewan ternak terserang PMK dan LSD di Kabupaten Madiun, namun petugas tetap mengantisipasi. Utamanya bagi ternak yang berasal dari luar Madiun,” kata dia, Sabtu (1/6/2024).

Karena itu, DKPP mewajibkan pedagang memiliki surat keterangan sehat bagi hewan kurban yang dijual berasal dari luar Kabupaten Madiun.

Sementara dalam pemeriksaan, sejumlah sapi dan kambing yang dijual di lokasi pasar hewan diperiksa secara acak. Adapun pemeriksaan dilakukan dengan melihat bagian gigi, mulut, kaki, dan fisik secara keseluruhan ternak tersebut. Selain itu, ternak sapi juga dicek kondisinya melalui “Barcode Eartag” yang terpasang pada telinga ternak.

Tim DKPP Kabupaten Madiun akan masif melakukan pemeriksaan ternak kurban dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Pemeriksaan tidak hanya dilakukan di Pasar Hewan Bajulan, namun juga peternak sapi dan kambing rumahan hingga pedagang musiman di sejumlah titik jalan wilayah Kabupaten Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya