SOLOPOS.COM - Sukira, penyedia ojek kambing saat mengantarkan kambing ke rumah pembeli, Senin (3/6/2024).(Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, MAGETAN — Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban mendatangkan berkah bagi berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim). Tak hanya para peternak hewan kurban, rezeki juga datang kepada penyedia jasa ojek kambing di Kabupaten Magetan.

Berkah tersebut salah satunya dirasakan oleh Sukiran Warga Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah yang tiba pada 17 Juni 2024, Sukiran banjir permintaan untuk mengantarkan hewan kurban.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal itu terlihat saat Solopos.com ikut memantau aktivitas Sukiran dalam mengantarkan kambing milik salah seorang pedagang ke rumah pembeli, Senin (3/6/2024). Sukiran mengangkut kambing itu menggunakan sepeda
motor dibantu dengan gerobak di belakangnya.

Dalam sekali jalan, Sukiran hanya mampu mengangkut dua hingga empat ekor kambing. Untuk satu ekor kambing, ia menerapkan tarif Rp50.000 hingga Rp100.000, tergantung jarak tempuh.

“Tadi cuma bawa dua ekor kambing, harganya kalau jauh Rp100.000 kalau dekat Rp50.000,” kata Sukiran seusai mengantarkan kambing pesanannya.

Sukiran mengaku menjalankan profesi ini sudah sejak delapan tahun yang lalu. Tak jarang ia pulang tanpa membawa uang sepeserpun, namun tetap tekun menjalani lantaran kebutuhan.

“Tidak mesti kadang Rp100.000, kadang Rp200.000 setiap pasar hewannya buka. Kalau menjelang hari raya minimal Rp300.000 sampai Rp500.000 per harinya,” tambahnya.

Saat menjelang Iduladha seperti saat ini, orderan ojek kambing meningkat hingga tiga kali lipat. Bahkan, tahun lalu saat H-2 Iduladha Sukiran mengaku mengantarkan hewan ternak hingga tengah malam.

“Kalau musim kurban begini ramai, bisa sampai Rp600.000 bahkan Rp800.000. Tapi ya itu sampai tengah malam mengantarnya. Apalagi kalau jauh. Kalau yang paling ramai itu dari pasar hewan Maospati itu selalu ramai,” imbuhnya.

Tak hanya ke rumah pembeli, Sukiran juga melayani pengantaran ke masjid hingga ke sekolah yang hendak menyelenggarakan kurban saat Hari Raya Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya