SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, LAMONGAN — Seorang calon haji asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi, Senin (13/6/2022). Calon haji bernama Bawuk binti Karso itu meninggal dunia saat dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Dokter Spesialis Jantung di KKHI Madiun, Muhaimin Manizu Hawi, mengatakan pasien berusia 58 tahun tersebut meninggal karena punya penyakit jantung. Sebelumnya pasien diantar ke KKHI oleh suaminya dan ketua rombongan. Awalnya pasien merasa sesak napas. Kemudian pasien dicek kondisi kesehatannya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Muhaimin menuturkan pasien mengidap penyakit jantung dan dari rekam medik diketahui bahwa pasien meninggal karena jantung irama berat.

Setelah diperiksa lebih lanjut dengan penanganan khusus, diagnosis sementara, pasien juga punya riwayat penyakit paru. Saat itu, kondisi pasien mulai memburuk. Karena pasien baru datang dari ziarah.

Baca Juga: Mengenal Kiai Ageng Besari, Ulama Penyebar Islam di Madiun Raya

“Jelas karena kecapekan atau kelelahan,” tambah Muhaimin.

Pasien kemudian diperiksa lebih lanjut di ruang IGD selama sekitar satu jam dan kondisi pasien kembali stabil. Selanjutnya, tim dokter melakukan observasi kondisi pasien selama delapan jam.

“Alhamdulillah, kondisi pasien membaik. Lalu diputuskan untuk pindah ke ruang biasa. Tidak lagi di ruang IGD. Pada hari kedua, usai salat subuh kondisi pasien sudah stabil dan sadar. Sempat makan. Namun, tiba-tiba pada pukul 08.30 WAS, pasien tidak sadarkan diri,” kata Muhaimin.

Tim dokter langsung menangani dan cek kondisi pasien sekitar satu jam, namun pada pukul 09.45 WAS pasien tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Seru! Ratusan Mobil Lawas VW Meriahkan Hari Jadi Ke-104 Kota Madiun

Almarhumah Bawuk binti Karso berangkat ke Tanah Suci bersama suaminya.

Hingga sembilan hari operasional haji 1443H/2022M tercatat tiga orang calon haji Indonesia meninggal dunia di Madinah, yaitu Suhati Rahmat Ali Binti H. Rahmat asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) meninggal dunia setiba di Bandara Madinah dan Bangun Lubis Wahid dari Embarkasi Padang (PDG4) meninggal usai shalat di Masjid Nabawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya