SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, MAGETAN — Sadirun Karso Rejo, 70, jemaah haji asal Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan meninggal dunia di Mina, Arab Saudi. Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB-13 itu meninggal saat hendak prosesi lempar jumrah.

Hal itu disampaikan Plt. Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Magetan, Imam Subakti, seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023). Mendiang Sadirun Karso Rejo sempat menjalani perawatan medis sebelum akhirnya meninggal dunia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Almarhum meninggal di Tanah Suci pada Kamis (29/6/2023). Almarhum terpisah dari rombongan saat mau berangkat lempar jumrah di Mina sekitar pukul 16.00 waktu setempat sebelum akhirnya ditemukan Tim PPIH sudah dalam keadaan kritis,” ujar Imam.

Hingga kini, total terdapat tiga jemaah haji asal Kabupaten Magetan yang meninggal. Dua orang berasal dari kloter 14 dan satu orang dari kloter 13.

“Kami seluruh panitia haji dan Kemenag Magetan turut berduka cita. Semoga almarhum diberikan husnul khotimah dan ahlul jannah,” kata dia.

Di sisi lain, kuota calon haji asal Magetan yang berangkat pada musim haji tahun 2023 sebanyak 533 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 85 jemaah masuk kloter 13, sebanyak 445 jemaah masuk kloter 14, dan tiga jemaah asal Magetan lainnya ikut kloter Blitar.

“Pada musim haji tahun 2023/1444 Hijriah ini, Magetan mendapatkan jatah sebanyak 533 kuota dan alhamdulillah bisa berangkat semua,” kata Imam.

Pihak keluarga almarhum Sadirun Karso Rejo mengaku telah ikhlas meskipun kehilangan atas meninggalnya almarhum.

“Meski merasa kehilangan, pihak keluarga telah ikhlas atas kepergian almarhum. Kami ikhlas karena beliau meninggal dalam keadaan beribadah di rumah Allah SWT,” kata perwakilan keluarga, Agus Suryadi.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya