SOLOPOS.COM - Kakbah. (Reuters)

Solopos.com, SURABAYA — Calon haji asal Jawa Timur dikabarkan meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Informasi kali ini, ada dua calon haji asal Jatim yang meninggal dunia, mereka adalah calon haji asal Kabupaten Magetan dan calon haji asal Kabupaten Tulungagung.

Dilansir dari Antara, Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram, mengatakan kedua calon haji yang meninggal di Makkah itu atas nama Sarbini Sastro Tardji, 67, asal Magetan, yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter 14. Sedangkan satu calhaj yang meninggal bernama Tri Rahayu, 65, asal Tulungagung dari kloter 37.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kedua calon haji itu meninggal dunia pada 9 Juni 2023 akibat penyakit jantung,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (11/6/2023).

Husnul menuturkan kedua jenazah calhaj tersebut dimakamkan di Sharae, Makkah. Sampai saat ini jumlah calhaj asal Jatim yang meninggal dunia di Tanah Suci sejak keberangkatan pertama melalui Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 24 Mei 2023 hingga hari ini mencapai 10 orang.

Delapan calon haji di antaranya meninggal dunia di Madinah dan telah dimakamkan di kompleks pemakaman Baqi, wilayah kota setempat.

Terdata sampai hari ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 46 kloter atau 19.908 jamaah dan 230 petugas haji asal Provinsi Jatim dan Bali ke Tanah Suci.

Sementara sebanyak 14 calon haji yang tergabung dalam 48 kloter tersebut tertunda keberangkatannya.

Lima calon haji di antaranya sakit di Asrama Haji Embarkasi Surabaya dan seorang pendampingnya ikut menunda keberangkatan.

Selain itu, enam calon haji yang sakit di Asrama Haji Embarkasi Surabaya telah dipulangkan ke daerah asal masing-masing, serta dua orang gagal berangkat karena diketahui hamil saat pemeriksaan kesehatan.

Husnul Maram, yang juga menjabat Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, memastikan calon haji yang sakit akan menyusul diberangkatkan ke Tanah Suci dengan kloter berikutnya jika telah dinyatakan sembuh.

Terdapat sebanyak 84 kloter yang diberangkatkan PPIH Embarkasi Surabaya ke Tanah Suci. Menurut jadwal, kloter 84 yang terakhir diberangkatkan ke Tanah Suci pada 22 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya