SOLOPOS.COM - Harun bin Senar, 119, calon haji (calha) tertua di Indonesaia di tahun 2023 asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura. (Istimewa/Instagram @bpkhri)

Solopos.com, PAMEKASAN — Harun bin Senar tercatat sebagai calon haji (calhaj) tertua di Indonesia di tahun 2023. Saat sekarang, usia Mbah Harun mencapai 119 tahun.

Sosok Mbah harun sempat viral di media sosial (medsos). Meski sudah berusia 119 tahun, fisik Mbah Harun masih terlihat bugar. Ia pun mengaku siap berangkat haji ke Tanah Suci tahun ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mbah Harun bin Senar merupakan warga asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura. Di usia senjanya, aktivitas Mbah Harun sering mengaji dan salat setiap hari.

Mbah Harun yang di usia mudanya berprofesi sebagai petani ini terbiasa mengonsumsi makanan dari hasil pertanian yang dia tanam. Hal itu seperti nasi, jagung, dan lainnya.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Mbah Harun juga mempersiapkan diri. Hal itu mulai dari menerima pembekalan di manasik haji hingga olahraga pagi di sekitar rumahnya. Mbah Harun mulai memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/5/2023).

Informasi terkait Mbah Harun yang menjadi calhaj tertua di Tanah Air ini di antaranya diunggah di Instagram @bpkhri, Kamis (11/5/2023). Dalam keterangannya dijelaskan pada musim ibadah tahun ini, Indonesia memberangkatkan satu jemaah dengan usia tertua, yaitu 119 tahun.

Jemaah tersebut bernama Harun, asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pada penyelenggaraan haji 1444H/2023M memberikan kuota cukup besar untuk jemaah haji lanjut usia (lansia).

Seperti diketahui, Indonesia mendapat kuota jemaah haji pada tahun ini sebanyak 221.000 jemaah. Terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Dari jumlah tersebut sebanyak 30% atau sekitar 66.934 jemaah merupakan lansia.

Di sisi lain, Bandara Adi Soemarmo terpilih menjadi tempat perdana yang menerbangkan para calhaj menuju Madinah, Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023) dini hari. Pesawat yang dinaiki oleh 360 calhaj kloter pertama asal Grobogan itu menjadi penerbangan pertama haji di Indonesia yang berangkat pukul 00.30 WIB.

“Ini perdana di SOC [Bandara Adi Soemarmo Solo], makanya saya ke sini. Penerbangan kedua pukul 00.40 WIB dari Jakarta, hanya beda 10 menit,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra kepada wartawan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (23/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya