SOLOPOS.COM - Permata Waterpark Tanggulangin, salah satu tempat wisata populer di Sidoarjo. (Instagram @waterparkpermatasda)

Solopos.com, SIDOARJO — Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu penyangga Kota Surabaya dan termasuk dalam kawasan pusat perekonomian Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan), yang mana merupakan aglomerasi megapolitan di Jawa Timur. Sehingga daerah tersebut mengalami perkembangan pesat karena memiliki beberapa potensi, seperti industri dan perdagangan hingga pariwisata.

Daerah yang dulunya dikenal sebagai pusat Kerajaan Jenggala ini dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi para pelancong. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, tetapi juga menghadirkan sisi sejarah dan edukasi bagi wisatawan. Tempat wisata yang disajikan mulai dari desa wisata, kolam renang, museum, dan lain-lain.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mengutip dari Kabupaten Sidoarjo dalam Angka 2023 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), Sidoarjo dikunjungi wisatawan sebanyak 1.068.205 pengunjung pada tahun 2022. Wisatawan tersebut terdiri dari wisatawan domestik sebanyak 1.059.723 pengunjung dan wisatawan mancanegara sebanyak 8.482 pengunjung.

Berikut ini lima objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Sidoarjo berdasarkan data dari BPS:

  1. Wisata Bahari Tlocor/Pulau Lusi

Menurut data dari BPS, wisatawan yang berkunjung di Wisata Bahari Tlocor atau Pulau Lusi ini adalah wisatawan domestik atau wisatawan nusantara (wisnus). Pada tahun 2022, jumlah wisatawan yang berkunjung sebanyak 108.599 orang. Hal ini menjadikan Wisata Bahari Tlocor menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan teramai di Sidoarjo.

Wisata Bahari Tlocor terletak di Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kecamatan Jabong. Mengutip dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id, Wisata Bahari Tlocor merupakan tempat penyedia jasa untuk menyeberang ke Pulau Lusi yang didirikan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Keduangoandan. Jadi, Wisata Bahari Tlocor ini sebenarnya hanya berisikan perahu-perahu yang diparkirkan dan nantinya digunakan untuk mengantarkan pengunjung ke Pulau Lusi. Namun, karena tempatnya yang cukup estetik dan harganya murah, tempat wisata ini jadi perbincangan dan hits di kalangan anak muda.

wisata sidoarjo
Perahu yang mengantarkan pengunjung dari dermaga ke Pulau Lusi. (Instagram/@wisatabaharitlocor)

Dikutip dari berbagai sumber, bagi yang ingin mengunjungi Pulau Lusi dari dermaga maka tarif yang dikenakan mulai dari Rp15.000 per orang. Sedangkan untuk perjalanannya sendiri sekitar 30 menit. Jam operasional wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Di sana, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan deretan pohon bakau di lahan yang luas dengan skala ombak sungai yang tidak begitu besar. Sehingga pengunjung dapat bersantai dan nyaman saat menikmati panorama alam di Pulau Lusi.

  1. Kolam Renang Puri Surya Jaya

Data dari BPS menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan di Kolam Renang Puri Surya Jaya sebanyak 56.145 pengunjung pada tahun 2022. Tempat wisata ini beralamat di Perumahan Puri Surya Jaya, Ketajen, Kecamatan Gedangan.

Kolam Renang Puri Surya Jaya atau yang dikenal Splash Waterpark Puri Surya Jaya (SWP) merupakan kolam renang yang menjadi salah satu fasilitas dalam wilayah pengembangan utama Puri Surya Jaya oleh PT. Jayaland. Dikutip dari laman resmi Puri Suri Jaya, SWP menawarkan fasilitas yang beragam untuk menunjang sebagai tempat liburan keluarga, meliputi kolam arus, kolam anak-anak, kolam berukuran semi Olympic, dan perosotan air atau waterslide.

Selain itu, di sini pengunjung juga akan menemukan beberapa fasilitas, seperti ruang fitness untuk kelas aerobik, area Multi Purpose Hall (MPH), dan beberapa kegiatan outbound. Bagi yang ingin datang, pengunjung akan dikenakan biaya mulai dari Rp30.000-Rp50.000 per orang. Sedangkan jam operasionalnya dibuka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 WIB-17.00 WIB.

  1. Kolam Renang Citra Harmoni

Pada tahun 2022, data BPS menampilkan jumlah wisatawan di Kolam Renang Citra Harmoni mencapai 54.945 pengunjung. Kolam Renang Citra Harmoni atau Citra Harmoni Waterpark beralamat di Jalan Raya Trosobo, Bringin Bendo, Kecamatan Trosobo. Tempat wisata yang memiliki luas area 800 meter persegi ini merupakan salah satu fasilitas yang dikembangkan oleh grup Ciputra, yang mana masih menjadi bagian dari Perumahan Citra Harmoni.

Beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini di antaranya adalah kolam dengan berbagai ukuran, wahana ember tumpah, family slide, tube slide, racer slide, taman bermain, dan lain-lain. Selain dilengkapi dengan wahana permainan air, pengunjung juga akan disediakan fasilitas food court atau gerai-gerai makanan yang variatif. Untuk menikmati Kolam Renang Citra Harmoni, pengunjung dapat membayar sekitar Rp25.000 pada hari biasa dan Rp35.000 pada akhir pekan. Sedangkan jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB.

  1. Permata Waterpark Tanggulangin

Menurut data yang diperoleh dari BPS, jumlah wisatawan yang berkunjung di Permata Waterpark Tanggulangin pada tahun 2022 sebanyak 41.937 pengunjung. Mengutip dari laman direktoripariwisata.id, lokasi tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Kludan, Kecamatan Tanggulangin.

Permata Waterpark Tanggulangin menyajikan fasilitas wahana permainan air, mulai dari perosotan hingga ember tumpah. Beberapa wahana juga disediakan di sini, seperti kegiatan outbound, flying fox, panjat tebing, dan lain-lain.

Selain wahana permainan, dikutip dari akun Instagram @waterparkpermatasda, destinasi wisata ini juga menawarkan fasilitas sewa tempat untuk acara kelulusan hingga pernikahan. Menurut berbagai informasi, harga tiket masuk di wahana wisata ini mulai dari Rp15.000-Rp25.000 per orang. Sementara itu, jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-18.00 WIB.

  1. Museum Mpu Tantular

Data dari BPS menunjukkan jumlah wisatawan yang berkunjung di Museum Mpu Tantular mencapai 36.250 pengunjung pada tahun 2022. Lokasi Museum Mpu Tantular berada di Jalan Raya Buduran-Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kecamatan Buduran.

Mengutip dari laman museummputantular.com, Museum Mpu Tantular mengoleksi barang-barang yang bernilai sejarah mulai dari arkeologi, biologika, filologika, geologika, keramologika, seni rupa, numismatika, dan historika. Selain itu, di Museum Mpu Tantular juga menyediakan fasilitas bagi penderita tunanetra sehingga tetap dapat merasakan dan menerima edukasi tentang koleksi-koleksi benda bersejarah pada museum tersebut. Harga tiket masuknya sebesar Rp4.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Sedangkan jam operasionalnya pada hari Selasa-Kamis mulai pukul 08.00 WIB-15.00 WIB, hari Jumat mulai pukul 08.00 WIB-14.00 WIB, hari Sabtu mulai pukul 08.00 WIB-12.30 WIB, dan hari Minggu mulai pukul 08.00 WIB-13.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya