SOLOPOS.COM - Petani kelapa Gunungkidul bakal menerima bantuan penguatan (ilustrasi/teknis-budidaya.blogspot.com)

Solopos.com, SURABAYA — Kelapa menjadi salah satu komoditas utama di Indonesia. Hampir seluruh daerah di Nusantara bisa ditanami pohon kelapa.

Melansir dari ditjenbun.pertanian.go.id, pohon kelapa disebut sebagai tanaman sosial yaitu tanaman yang telah menyatu dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan dalam berbagai produk. Kelapa merupakan komoditas penting di Indonesia maupun dunia internasional.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Melansir dari buku Statistik Indonesia 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan kelapa terbanyak secara nasinal. Sepanjang tahun 2022, Jawa Timur memproduksi kelapa dengan jumlah 233,6 ribu ton dengan luas area kebun 230,0 hektare. Jumat tersebut dapat dikatakan hampir sama dengan tahun sebelumnya yang jumlahnya sebanyak 237,7 ribu ton.

Berikut ini adalah lima daerah di Jawa Timur yang menghasilkan kelapa paling banyak melansir dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur.

  1. Sumenep

Di posisi pertama, daerah yang memproduksi kelapa terbanyak di Jawa Timur adalah Kabupaten Sumenep. Di sepanjang tahun 2022, Kabupaten Sumenep berhasil menyumbangkan jumlah produksi kelapa sebanyak 46.214 ton dengan luas lahan panen seluas 46.518 hektare. Jumlah tersebut dapat dikatakan meningkat dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 45.583 ton.

Melansir dari sumenepkab.go.id, komoditas kelapa yang dihasilkan di Sumenep banyak yang sudah diekspor ke pasar Internasional. Seperti pada bulan Mei 2023, Sumenep mengekspor coco feat atau serbuk sabut kelapa ke Korea Selatan untuk pertama kalinya oleh PT. Coco Jaya Sentosa. Tentu ini memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

  1. Banyuwangi

Daerah kedua yang memproduksi kelapa paling tinggi di Jawa Timur adalah Kabupaten Banyuwangi. Dari catatan BPS pada tahun 2022, Kabupaten Banyuwangi berhasil menghasilkan kelapa sebanyak 34.996 ton dengan luas area panen seluas 34.647 hektare.

Jumlah tersebut dapat dikatakan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebanyak 35.244 ton.

Melansir dari unars.ac.id, Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi perkebunan kelapa yang agroindustrinya tersebar di seluruh wilayah paling ujung Jawa Timur itu. Kecamatan Pesanggaran menjadi pusat agroindustri terbesar yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

  1. Blitar

Kabupaten Blitar di sepanjang tahun 2022, berhasil menghasilkan kelapa sebanyak 21.185 ton dengan luas area panen seluas 20.452 hektare. Jumlah tersebut hampir sama dengan tahun sebelumnya yang jumlahnya sebanyak 21.095 ton. Blitar menjadi daerah dengan produksi kelapa terbesar ketiga di Jatim.

Melansir dari blitarkab.go.id, produksi kelapa yang sangat besar tersebut memberikan Kontribusi bagi industri gula kelapa yang banyak dikembangkan di Kabupaten Blitar.

  1. Pacitan

Diurutan keempat daerah yang memproduksi kelapa terbanyak di Jatim adalah Kabupaten Pacitan. Pada 2022, Pacitan berhasil memproduksi kelapa sebanyak 20.426 ton dengan luas lahan panen 20.126 hektare. Jumlah tersebut hampir sama dengan tahun sebelumnya yang jumlah panennya mencapai angka 20.926 ton walaupun dapat dikatakan lebih rendah. Kecamatan penghasil kelapa terbesar di Kabupaten Pacitan adalah Kecamatan Pacitan.

Melansir dari eprints.umm.ac.id, Kabupaten Pacitan memang memiliki potensi alam yang melimpah, salah satunya yaitu potensi perkebunan kelapa. Tanaman kelapa yang banyak digunakan oleh warga, digunakan untuk mendirikan industri gula kelapa. Daerah pesisir di Kabupaten Pacitan yang mengembangkan industri gula kelapa, salah satunya Desa Wonoanti, Kecamatan Tulakan.

  1. Tulungagung

Sedangkan diurutan kelima daerah penghasil kelapa terbesar adalah Kabupaten Tulungagung. Pada tahun 2022, Tulungagung mampu menghasilkan kelapa sebanyak 13.540 ton dengan luas area panen seluas 13.542 hektare. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 12.848 ton.

Daerah yang memproduksi kelapa paling banyak di Kabupaten Tulungagung berada di Kecamatan Pucanglaban, Ngantru, Tanggunggunung dan Rejotangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya