SOLOPOS.COM - Pedagang musiman kambing kurban. (JIBI/Solopos/ilustrasi/dok)

Solopos.com, MADIUN — Sebentar lagi umat Islam di Indonesia akan merayakan Iduladha atau hari raya kurban. Pada momen tersebut, kebutuhan terhadap hewan ternak berupa sapi dan kambing biasanya meningkat drastis untuk kurban.

Kambing menjadi salah satu hewan banyak yang diternak oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Seperti dikutip dari repository.uin-suka.ac.id, ternak kambing adalah salah satu ternak ruminansia kecil yang memiliki manfaat yang sangat tinggi bagi manusia. Kambing dapat dimanfaatkan daging juga memiliki manfaat lainya mulai dari kulit, susu yang kayak manfaat bagi kesehatan, hingga fesesnya yang bagus untuk dijadikan pupuk organik. Selain, itu peliharaan kambing terbilang cukup sederhana dibandingkan dengan ternak lainya.

Salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan populasi kambing terbesar di Indonesia adalah Provinsi Jawa Timur. Melansir dari buku Statistik Indonesia 2023, Jawa Timur berada di urutan kedua yang memiliki populasi kambing terbanyak di Indonesia.

Berikut adalah daerah di Jawa Timur yang memiliki populasi ternak kambing terbanyak menurut data dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

  1. Kabupaten Trenggalek

Daerah di Jawa Timur yang memiliki populasi kambing paling besar di posisi pertama adalah Kabupaten Trenggalek. Menurut catatan BPS, pada tahun 2022 populasi kambing di Kabupaten Trenggalek mencapai angka 447.649 ekor. Pada tahun sebelumnya Kabupaten Treggalek juga memiliki populasi kambing terbesar dengan jumlah mencapai angka 432.539 ekor.

Mengutip dari satudata.trenggalekkab.go.id, kecamatan di Kabupaten Trenggalek yang menyumbangkan angka populasi kambing terbesar adalah Kecamatan Panggul. Data dari cybex.pertanian.go.id, selain itu di Desa Sumberbening, Kecamatan Doko, memiliki budidaya kambing Etawa atau Peranakan Etawa yaitu kambing jenis unggul. Hal tersebut tentunya memberikan dampak cukup besar bagi peternak.

  1. Kabupaten Pacitan

Posisi kedua daerah yang memiliki populasi kambing terbesar di Jawa Timur adalah Kabupaten Pacitan. Daerah yang dikenal sebagai Kota 1001 Goa ini pada tahun 2022 memiliki populasi kambing mencapai angka 360.782 ekor. Pada tahun sebelumnya Kabupaten Pacitan juga menepati posisi kedua setelah Kabupaten Trenggalek dengan jumlah populasi kambing sebanyak 321.971 ekor. Diketahui bahwa jumlah tersebut mengalami peningkatan.

  1. Kabupaten Malang

Sedangkan urutan ketiga daerah yang memiliki populasi kambing paling besar di Jawa Timur adalah Kabupaten Malang. Pada tahun 2022, Kabupaten Malang tercatat memiliki populasi kambing mencapai angka 299.773 ekor. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 290.378 ekor. Pada tahun sebelumnya daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Apel ini juga mempati posisi ketiga setelah Kabupaten Pacitan.

Mengutip dari berbagai sumber, salah satu sentra peternakan terbesar di Kabupaten Malang berada di Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari. Desa Bangelan ini memiliki julukan kampung penghasil kambing terbesar. Dalam setiap bulannya mampu memproduksi susu kambing Etawa sebanyak 200 liter. Selain itu populasi kambing di desa ini bahkan melebihi populasi manusianya.

  1. Kabupaten Ponorogo

Kabupaten Ponorogo menempati posisi keempat daerah yang memiliki populasi kambing terbanyak di Jawa Timur. Jumlah populasi kambing di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2022 mencapai angka 256.082 ekor. Jumlah tersebut dapat dikatakan meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 255.771 ekor. Pada tahun sebelumnya daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Reog ini juga mempati posisi keempat setelah Kabupaten Pacitan. Kecamatan di Kabupaten Ponorogo yang menghasilkan kambing paling banyak berada di Kecamatan Sawoo.

  1. Kabupaten Tulungagung  

Kabupaten Tulungagung menempati posisi kelima daerah dengan populasi kambik terbanyak di Jawa Timur. Kabupaten Tulungagung pada tahun 2022 memiliki jumlah populasi kambing mencapai angka 214.754 ekor. Jumlah tersebut juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang sebesar 209.955 ekor. Kabupaten Tulungagung juga berada pada posisi kelima di tahun sebelumnya setelah Kabupaten Ponorogo.

Melansir dari research-report.umm.ac.id, Kabupaten Tulungagung memiliki puluhan ribu peternak yang tersebar di seluruh kecamatanya. Setiap tahun, jumlah populasinya terus bertambah. Pemerintah Kabupten Tulungagug dalam meningkatkan populasi ternak kambing memberikan pelatihan untuk menghadapi masalah produksi dan meningkatkan pengetahuan juga keterampilan. Kegiatan pelatihan ini dilakukan seluruh kelompok ternak kambing di Kabupaten Tulungagung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya