SOLOPOS.COM - Ribuan seniman reog melakukan aksi budaya untuk mendesak Kemendikbudristek untuk segera mendaftarkan reog ke UNESCO, Sabtu (8/4/2023). (Istimewa/ponorogo.go.id)

Solopos.com, PONOROGO — Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tepatnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri.

Kabupaten Ponorogo berjarak sekitar 200 kilometer ke arah barat laut dari Ibu Kota Jawa Timur, Kota Surabaya. Luas wilayah Kabupaten Ponorogo yaitu 1.371,78 km persegi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kabupaten Ponorogo terdiri dari 21 kecamatan, yaitu Kecamatan Ngrayun, Slahung, Bungkal, Sambit, Sawoo, Sooko, Pudak, Pulung, Mlarak, Siman, Jaetis, Balong, Kauman, Jambon, Badegan, Sampung, Sukorejo, Ponorogo, Babadan, Jenangan, dan Ngebel.

Dikutip dari buku Kabupaten Ponorogo Dalam Angka 2023 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ponorogo, kecamatan yang memiliki wilayah paling luas adalah Kecamatan Ngrayun dengan 184,76 km persegi. Sedangkan kecamatan di Kabupaten Ponorogo yang paling sempit adalah Kecamatan Ponorogo dengan luas wilayah hanya 22,31 km persegi.

Secara topografi, wilayah Kabupaten Ponorogo bervariasi, mulai dari daratan rendah hingga pegunungan. Sebagian besar wilayahnya 79% terletak di ketinggian kurang dari 500 mdpl, 14,4% berada di antara 500 hingga 700 mdpl, dan sebesar 5,9% berada pada ketinggian lebih dari 700 mdpl.

Kecamatan yang terletak di dataran tinggi adalah Ngebel, Pulung, Pudak, dan Sooko. Sisanya seperti Ponorogo, Babadan, Slahung, Bungkal, Sambit, Sawoo, Mlarak, Siman, Jetis, Balong, Kauman, Jambon, Badegan, Sampung, Sukorejo, dan Jenangan terletak di dataran rendah.

Berdasarkan hasil sensus penduduk pada tahun 2022, jumlah penduduk di Kabupaten Ponorogo sebanyak 964.253 jiwa. Jumlah penduduk laki-laki dan perempuan tak jauh berbeda, yaitu terdiri dari 483.712 jiwa penduduk perempuan dan 481.540 jiwa penduduk laki-laki.

Dari ratusan ribu penduduk tersebut, kecamatan di Kabupaten Ponorogo yang paling padat dan ramai yaitu di Kecamatan Ponorogo dengan kepadatan penduduk sebesar 3.491,18 jiwa per km persegi. Kecamatan Ponorogo memiliki jumlah penduduk paling banyak dan luas daerah yang paling sempit sehingga menjadi kecamatan yang sangat padat. Selain itu, Kecamatan Ponorogo juga merupakan pusat pemerintahan, pusat perekonomian, dan industri.

Sedangkan kecamatan paling sepi atau paling lengang yaitu di Kecamatan Pudak dengan jumlah penduduk sebanyak 181,61 jiwa per km persegi. Kecamatan Pudak adalah daerah yang letaknya berada di pegunungan Wilis dengan ketinggian rata-ratanya hampir 1000 meter di atas permukaan laut. Kecamatan ini terletak 33 km dari ibu kota Kabupaten Ponorogo ke arah timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya